ANALISIS DAN DESAIN E-COMMERCE PADA PUTRO HARTO CANDLE BERBASIS OBJECT ORIENTED

  • Apri Cahyo Diwantoro Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Samsinar Samsinar Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Analisis dan Perancangan, Penjualan, E-Commerce

Abstract

Pemanfaatan perkembangan teknologi internet di dunia perdagangan atau lebih dikenal sebagai E-Commerce adalah suatu langkah besar yang bermanfaat. E-Commerce bukan hanya menyerdehanakan proses sistem informasi penjualan manual menjadi terkomputerisasi, tetapi juga mengubah interaksi memesan, membayar, dan melihat produk bahkan dapat mengetahui history transaksi kapanpun dan dimanapun secara online. Pengiriman masih menggunakan kurir sendiri sehingga tidak ada informasi pengiriman serta estimasi perkiraan kiriman sampai tujuan. Karena itulah penulis berusaha memaksimalkan ilmu yang didapatkan dalam bangku kuliah untuk menganalisa dan merancang E-commerce pada Putra Harto Candle. Pada proses implementasi rancangan e-commerce ini, penulis menggunakan bahasa programan PHP dan database MySQL. Dalam pembuatan analisa dan rancangan e-commerce ini di awali dengan pengumpulan data yang menggunakan teknik observasi, wawancara dan survei. Berdasarkan proses bisnis sistem berjalan yang di dapatkan dalam pengumpulan data, penulis mengubahnya menjadi proses bisnis sistem usulan berupa rancangan e-commerce. Metode analisis yang penulis gunakan untuk mengetahui kelemahan dan indentifikasi kebutuhan adalah dengan menggunakan metode fishbone. Selanjutnya dalam tahap rancangan, penulis menggunakan teknologi Unified Modeling Language (UML). Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini adalah prototype sistem informasi berupa website E-Commerce.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-02
How to Cite
[1]
A. Diwantoro and S. Samsinar, “ANALISIS DAN DESAIN E-COMMERCE PADA PUTRO HARTO CANDLE BERBASIS OBJECT ORIENTED”, IDEALIS, vol. 2, no. 3, pp. 106-118, May 2019.
Section
E-Business/E-Commerce

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>