ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU PADA SMA GITA KIRTTI 3 DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK

  • Koko Van Edti Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
  • agus umar hamdani Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Informasi, Penerimaan Peserta Didik Baru, SMA Gita Kirtti 3, Object-Oriented

Abstract

SMA Gita Kirtti 3 merupakan salah satu sekolah swasta dengan sistem penerimaan peserta didik baru yang belum efektif. Permasalahan yang terjadi saat ini antara lain : sulitnya mendapatkan informasi pembayaran secara khusus sehingga menyulitkan panitia penerimaan peserta didik baru (PPDB) dalam membuat laporan pembayaran, sulitnya mendapatkan informasi mengenai calon peserta didik baru yang mengundurkan diri karena tidak adanya dokumen untuk menyimpan data pengunduran diri, sering terjadinya salah hitung pembayaran karena panitia panitia penerimaan peserta didik baru kurang teliti. Solusi untuk masalah tersebut adalah perlu dibuatkan sebuah sistem yang terkomputerisasi guna menundukung proses penerimaan peserta didik baru di SMA Gita Kirtti 3. Metodologi object-oriented digunakan untuk menganalisis dan merancang sistem usulan, teknik pengumpulan data menggunakan teknik, wawancara, observasi, analisa dokumen dan studi pustaka. Database dibuat menggunakan MySQL dan Microsoft Visual Studio 2008 sebagai bahasa pemrogramannya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa aplikasi penerimaan peserta didik baru yang dapat menyelesaikan masalah yang ada di proses bisnis berjalan dan membantu SMA Gita Kirtti 3 agar dapat menghasilkan laporan yang akurat untuk pengambilan keputusan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-05
How to Cite
[1]
K. Edti and agus hamdani, “ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU PADA SMA GITA KIRTTI 3 DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK”, IDEALIS, vol. 1, no. 5, pp. 199-206, Nov. 2018.

Most read articles by the same author(s)