ANALISA DAN DESAIN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PEMBELIAN TUNAI MOTOR BEKAS DENGAN PENDEKATAN OBJECT ORIENTED STUDI KASUS PADA PD. ELHAZH MOTOR

  • Rizky Adhi Saputra Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Gandung triyono Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: sistem informasi, penjualan dan pembelian tunai motor bekas, metodologi berorientasi obyek

Abstract

PD. Elhazh Motor merupakan badan usaha yang dimiliki oleh perorangan bergerak dalam bidang penjualan dan pembelian motor bekas tunai. Dalam penulisan penelitian ini pada PD. Elhazh Motor melakukan analisa dalam pelaksanaan sistem berjalan. Penulis merasa sistem yang ada di PD. Elhazh Motor ini masih belum optimal. Sampai saat ini masalah yang ada yaitu, PD. Elhazh Motor pada aktivitas usahanya menggunakan Ms. Office Excel untuk pembuatan laporan perbulan sedangkan pencatatan penjualan motor, dan pembelian motor. Sehingga keakuratan informasi masih sangat diragukan karena kesalahan yang mungkin dilakukan oleh manusia, pada penulisan dan perhitungan yang mengakibatkan pendapatan menurun. Dalam penyimpanan dokumen yang kurang baik menyebabkan sulitnya dalam pencarian dokumen saat dibutuhkannya, sehingga memerlukan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan data yang dibutuhkan saat itu. Bentuk kwitansi dan nota yang disediakan oleh PD. Elhazh Motor masih belum baik dikarenakan data-data yang dicantumkan dalam kwitansi umum. Pengolahan data saat ini kurang baik karena dokumen yang ada tidak lengkap, sehingga sulit mendapatkan informasi saat dibutuhkan. Laporan saat ini di PD. Elhazh Motor hanya terdapat 1 jenis laporan saja, informasi yang disediakan tidak terstruktur sehingga sulit untuk pengambilan keputusan.Untuk itu diperlukan suatu sistem informasi yang lebih terkomputerisasi yang dapat menyelesaikan masalah tersebut. Pada Penelitian ini dikembangkan model sistem informasi jual beli dengan pendekatan object oriented. Penelitian dapat membantu dalam mengatasi masalah-masalah pada PD. Elhazh Motor.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-05
How to Cite
[1]
R. Saputra and G. triyono, “ANALISA DAN DESAIN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PEMBELIAN TUNAI MOTOR BEKAS DENGAN PENDEKATAN OBJECT ORIENTED STUDI KASUS PADA PD. ELHAZH MOTOR”, IDEALIS, vol. 1, no. 5, pp. 239-247, Nov. 2018.

Most read articles by the same author(s)