IMPLEMENTASI METODE PROFILE MATCHING PADA SISTEM INFORMASI PEMILIHAN KARYAWAN BARU PADA KANTOR BERITA ANTARA DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK

  • Dedy Suryadi Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Ady Widjaja Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Penunjang Keputusan, implementasi Profile Matching, perekrutan calon karyawan baru

Abstract

Kantor Berita ANTARA adalah sebuah Perusahaan Umum Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA di bidang pemberitaan. Masalah yang dihadapi dalam proses pemilihan calon karyawan baru adalah pengambilan keputusan yang kurang terukur secara sistem dan belum terdapatnya perankingan. Decision Support System (DSS) dengan menggunakan metode Profile Matching akhirnya di pakai sebagai metode untuk menentukan nilai akhir alternatif dengan menggunakan aplikasi berbasis dekstop memakai Microsoft Visual Studio 2008 dan menggunaan database MYSQL. Tujuan utama dari proses seleksi calon karyawan itu untuk mendapatkan orang yang tepat bagi suatu jabatan tertentu, sehingga mampu bekerja secara optimal dan menjadi asset yang dapat di andalkan untuk kemajuan perusahaan. Memanag terdengar sederhana, namun kenyataannya proses pemilihan calon karyawan merupakan kegiatan rutinitas yang sangat kompleks, waktu yang cukup lama, biaya yang banyak dan kesalahan dalam menentukan orang yang tepat bisa terjadi. Karena itu sistem penunjang keputusan ini diharapkan dapat membantu dalam mendapatkan calon karyawan yang dinilai berkinerja baik yang sesuai dengan yang sudah ditetapkan oleh Kantor Berita ANTARA. Laporan yang dihasilkan nantinya adalah berupa laporan nilai yang berisi ranking dari yang sudah diurutkan berdasarkan nilai perhitungan terbesar sampai terkecil.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-04
How to Cite
[1]
D. Suryadi and A. Widjaja, “IMPLEMENTASI METODE PROFILE MATCHING PADA SISTEM INFORMASI PEMILIHAN KARYAWAN BARU PADA KANTOR BERITA ANTARA DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK”, IDEALIS, vol. 2, no. 2, pp. 230-239, Mar. 2019.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)