PENGARUH PENERAPAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP UPAYA PENINGKATAN LOYALITAS WALI MURID SMK MUHAMMADIYAH 9 JAKARTA
Abstract
Ketatnya persaingan antar organisasi mengharuskan setiap organiasasi memiliki nilai unggul dibanding organisasi sejenis. Sehingga dibutuhkanlah sebuah dorongan teknologi informasi untuk mencapai tujuan tersebut. SMK Muhammadiyah 9 Jakarta merupakan sebuah lembaga pendidikan swasta yang terus berusaha memprioritaskan wali murid dalam memberikan pelayanan terbaiknya. Namun pada kenyataannya, masih terdapat sejumlah permasalahan pada SMK Muhammadiyah 9 Jakarta. Diantaranya, sulitnya wali murid dalam mendapatkan informasi mengenai perkembangan akademik, penanganan komplain yang buruk dan sulitnya mengontrol kedisiplinan siswa. Permasalahan tersebut mengakibatkan wali murid tidak puas dan enggan memberikan referensi kepada kerabat-kerabatnya sehingga mengakibatkan jumlah pendaftar siswa baru pada SMK Muhammadiyah 9 Jakarta mengalami penurunan. Berdasarkan analisa terhadap permasalahan yang ada, maka penulis menerapkan sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) berbasis web yang berfokus pada 3 tahapan customer Relationship Management, yaitu acquire, enhance dan retain. Sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) ini menghasilkan beberapa fitur diantaranya fitur komplain, fitur konfirmasi ketidakhadiran dan fitur lainya seputar perkembangan akademik siswa. Selain itu juga menghasilkan 3 laporan berupa laporan komplain wali murid, laporan siswa bermasalah dan laporan pencapaian akademik siswa serta beberapa notifikasi pendukung lainnya yang diharapkan dapat mengatasi permasalah yang ada pada SMK Muhamamdiyah 9 Jakarta. Sehingga loyalitas wali murid dapat meningkat dan jumlah pendaftar siswa baru mengalami kenaikan.