PENGGABUNGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING UNTUK PEMILIHAN SUPPLIER PADA SICI BUSANA

  • Prabowo Adi Pangestu Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Anita Diana Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Penunjang Keputusan, Sici Busana, SPK Pemilihan Supplier Terbaik, Analytical Hierarchy Process (AHP), Simple Additive Weighting (SAW)

Abstract

Pemilihan supplier merupakan salah satu kunci dalam aktivitas pembelian bagi perusahaan, aktivitas pembelian merupakan aktivitas yang memiliki nilai penting bagi perusahaan karena kesalahan dalam pemilihan supplier dapat berdampak pada terganggunya kelangsungan proses produksi. Dengan adanya sistem pendukung keputusan diharapkan dapat membantu dalam proses pemilihan supplier dengan penilaian supplier dengan tepat dan akurat, Menghasilkan rancangan sistem penunjang keputusan pemilihan supplier yang dapat memberikan penilaian yang efektif bagi masing-masing alternatif, dan Menyediakan laporan hasil proses pemilihan supplier untuk mempermudah analisa kriteria keputusan. Sistem penunjang keputusan pemilihan supplier akan membantu pihak Sici Busana dalam melakukan proses pengambilan keputusan pemilihan supplier yang sesuai kriteria secara efektif sehingga dapat memberikan hasil maksimal bagi pihak Sici Busana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Nugroho Santoso, Jurus Jitu membangun Bisnis Berkah Omset Milyaran. Yogyakarta: PT Vindra Sushantco Putra, 2015.

A. Y. Pradipta and A. Diana, “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Supplier pada Apotek dengan Metode AHP dan SAW (Studi Kasus Apotek XYZ),” Sisfotek, vol. 3584, pp. 107–114, 2017.

D. Apriliani, N. Fauziah, and R. Riyanto, “Metode AHP dan Promethee Untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Obat,” vol. 17, no. 2, pp. 42–47, 2018.

S. Abadi and F. Latifah, “Decision Support System Penilaian Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting,” J. TAM (Technology Accept. Model., vol. 6, pp. 37–43, 2016.

S. Hidayat and S. Noor, “PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DESA TERINTEGRASI,” vol. IV, no. 2, pp. 191–198, 2018.

T. Supriyatna and Suwarni, “Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Android,” J. Infotel, vol. 9, no. 3, pp. 304–312, 2017.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
P. Pangestu and A. Diana, “PENGGABUNGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING UNTUK PEMILIHAN SUPPLIER PADA SICI BUSANA”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 281-287, Jan. 2020.