PENERAPAN WEBSITE E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) PADA Q-TA DIGITAL PRINTING

  • Ananda Dian Nugraha Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Gandung Triyono Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: E-Commerce, Business Model Canvas (BMC), Content Management System (CMS), Q-ta Digital Printing, E-Commerce Jasa Percetakan

Abstract

Pemasaran melalui E-Commerce kepada konsumen pada umumnya beroperasi berdasarkan prinsip pemasaran massa dan pemasaran ke bisnis untuk membangun tenaga pemasaran yang tebaik melalui internet. Q-ta Digital Printing adalah sebuah toko yang bergerak dibidang jasa percetakan yang menawarkan pelayanan pencetakan offset. Toko ini hanya memiliki pelanggan yang tersebar di dalam kota Depok saja. Pada toko ini sudah menggunakan teknologi komputer untuk mendukung operasinya seperti mendesain produk pesanan konsumen. Namun penggunaan teknologi komputer masih terbatas hanya untuk operasi bisnis saja dan tidak menggunakan internet sebagai lahan penjualan dan promosi. Tidak adanya laporan bulanan juga mempengaruhi  kinerja toko. Dengan dibuatkannya media website e-commerce yang dapat mengelola produk Q-ta Digital Printing yang dianalisa dengan metode business model canvas, serta memberikan strategi pemasaran melalui internet dalam hal ini menggunakan Search Engine Optimization (SEO) yang akan meningkatkan pemasaran produk dan memudahkan konsumen dalam berbelanja dengan mengaplikasikan konsep E-Commerce menggunakan Content Management System (CMS) dari WordPress untuk memudahkan pelayanan pemesanan secara online. Penerapan website E-Commerce ini juga menghasilkan 5 laporan yaitu laporan penjualan, laporan barang terlaris, laporan pengiriman, laporan pembayaran, dan rekapitulasi penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. P. Widodo, P. B. Santoso, And Z. Darmawan, “Perancangan Website E-Commerce Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Produk Pada Toko Mebel Dengan Menggunakan Tool Opencart (Studi Kasus Di Toko Mebel Fortuna),” J. Rekayasa Dan Manaj. Sist. Ind., Vol. 2, No. 6, , 2015, Pp. 1272–1283.

Hidayatullah, And M. Y. Saeputra, “Analisis Model Bisnis Pada Kafe Fruitea Holic Dengan Pendekatan Business Model Canvas” Vol. 3, No. 3, 2016, Pp. 2756–2764.

B. Soepeno, And D. A. Praditya, “Penggunaan Aplikasi CMS Wordpress Untuk Merancang Website Sebagai Media Promosi Pada Maroon Wedding Malang,” Akuntansi, Ekon. Dan Manaj. Bisnis, Vol. 2, No. 1, 2014, Pp. 63–69.

S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta,” Ilk. J. Ilm., Vol. 10, No. 2, 2018, P. 182.

R. Kurniawan And S. N. Anwar, “Membangun Situs E-Commerce Penjualan Dan Pemesanan Miniatur Bus Menggunakan Metode Waterfall,” Pros. Sintak 2017, 2017, Pp. 335–340.

A. Ghina, And I. Siti Khodijah, “Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pada Pengrajin Kursi Sofa Cipacing, Jatinangor Dengan Pendekatan Business Model Canvas Analysis,” Anal. Pengemb. Usaha Mikro Kecil Menengah Pada Pengrajin Kursi Sofa Cipacing, Jatinangor Dengan Pendekatan Bus. Model Canvas, Vol. 9, No. 2, 2016, P. 10.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
A. Nugraha and G. Triyono, “PENERAPAN WEBSITE E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) PADA Q-TA DIGITAL PRINTING”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 220-226, Jan. 2020.