PEMBUATAN WEBSITE BERBASIS E-COMMERCE MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA TOKO BRASSICA FLORIST

  • Dela Renca Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Humisar Hasugian Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: e-commerce, website, business model canvas, CMS

Abstract

E-commerce adalah salah satu bagian yang penting dalam pengembangan usaha yang dikhususkan bagi para pengusaha yang baru memulai bisnis tetapi belum masuk kedalam penjualan berbasis internet. Brassica Florist menjual berbagai jenis bunga. Jenis bunga tersebut antara lain Basket Flower, Bouqet, Flower box, Flower board, Gift & Hampers, Reguler Flower, Standing flower, vase, Custom request, dan dekorasi untuk acara besar. Permasalahaan yang terjadi saat ini adalah kurangnya informasi produk bunga, kareba setiap customer yang ingin membeli bunga hanya mengirim by foto (Request) tidak mengetahuidetil produk yang dijual, kurangnya pemanfaatan promo-promo / diskon produk yang dijual. Usaha yang dilakukan peneliti adalah dengan melakukan pembuatan website berbasis E-commerce untuk menjangkau semua aktifitas penjulan dalam toko dan strategi pemasaran produk sehingga memudahkan dua pihak antara pemilik toko dan customer dalam proses penjualan dan pemesanan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode business model canvas, dalam melakukan analisa terkait penjualan usulan dari peneliti untuk dikembangkan dalam pembuatan website E-commerce sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi diatas. Hasil Penelitian dalam pembuatan website E-commerce dengan meggunakan CMS dan metode Business Model Canvas yang berisi penjualan produk, pemesanan produk, strategi pemasaran serta pembuatan laporan yang udah terkomputerisasi atau sudah ada pada sistem tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-05
How to Cite
[1]
D. Renca and H. Hasugian, “PEMBUATAN WEBSITE BERBASIS E-COMMERCE MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA TOKO BRASSICA FLORIST”, IDEALIS, vol. 2, no. 6, pp. 258-264, Nov. 2019.
Section
E-Business/E-Commerce

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>