PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) PADA KATAR WISATA TOUR & TRANSPORT UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DALAM BISNIS PERJALANAN WISATA

  • Indri Ramadhani Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Yuliazmi Yuliazmi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: E-CRM, Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, Pelayanan jasa wisata, katar tour and transport

Abstract

Katar Wisata Tour and Transport merupakan perusahan yang bergerak di bidang pelayanan dan penyewaan jasa transportasi. Berdiri sejak tahun 2011, Katar Wisata Tour and Transport memasarkan produknya melalui media social Instagram dan untuk memesan hanya bias lewat WhatsApp atau datang langsung ke kantor. Untuk masalah yang terjadi pada Katar Wisata Tour and Transport adalah belum adanya informasi untuk melihat perkembangan pelanggan dan perusahaan. Adapun pendeketan yang digunakan penulis yaitu wawancara, analisa dokumen, dan studi literature. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yaitu menggunakan Fishbone Diagram, Activity  Diagram, Use Case Diagram, Entity Relationship Diagram, Logical Record Structure Diagram dan Sequence Diagram. Solusi yang ditawarkan meliputi Testimoni Pelanggan , Kritik dan Saran , serta Promo. Dari usulan penulis diharapkan dapat mempertahankan pelanggan lama yang telah menggunakan layanan jasa Katar Wisata Tour and Transport dan menarik pelanggan  baru agar berminat menggunkan layanan jasa tersebut.

Published
2021-01-18
How to Cite
[1]
I. Ramadhani and Y. Yuliazmi, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) PADA KATAR WISATA TOUR & TRANSPORT UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DALAM BISNIS PERJALANAN WISATA”, IDEALIS, vol. 4, no. 1, pp. 90-97, Jan. 2021.