PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) PADA KATAR WISATA TOUR & TRANSPORT UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DALAM BISNIS PERJALANAN WISATA

  • Indri Ramadhani Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Yuliazmi Yuliazmi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: E-CRM, Loyalitas Pelanggan, Katar Wisata Tour and Transport, Electronic Customer Relationship Management (E-CRM), E-CRM Travel, E-CRM Wisata Tour

Abstract

Katar Wisata Tour and Transport merupakan perusahan yang bergerak di bidang pelayanan dan penyewaan jasa transportasi. Berdiri sejak tahun 2011, Katar Wisata Tour and Transport memasarkan produknya melalui media social Instagram dan untuk memesan hanya bias lewat WhatsApp atau datang langsung ke kantor. Untuk masalah yang terjadi pada Katar Wisata Tour and Transport adalah belum adanya informasi untuk melihat perkembangan pelanggan dan perusahaan. Adapun pendeketan yang digunakan penulis yaitu wawancara, analisa dokumen, dan studi literature. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yaitu menggunakan Fishbone Diagram, Activity  Diagram, Use Case Diagram, Entity Relationship Diagram, Logical Record Structure Diagram dan Sequence Diagram. Solusi yang ditawarkan meliputi Testimoni Pelanggan , Kritik dan Saran , serta Promo. Dari usulan penulis diharapkan dapat mempertahankan pelanggan lama yang telah menggunakan layanan jasa Katar Wisata Tour and Transport dan menarik pelanggan  baru agar berminat menggunkan layanan jasa tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

OKTAVIANSYAH, Rizky Fajari; WITANTI, Wina; SABRINA, Puspita Nurul. Pembangunan Sistem Electronic Customer Relationship Management di Pusat Kesehatan Hewan Kota Cimahi. SNATIF, 2018, 5.1.

NUGRAHA, Faisal Okta; WITANTI, Wina; KOMARUDIN, Agus. Pembangunan Sistem Customer Relationship Management pada PT. Central Georgette Nusantara. Prosiding SNATIF, 2017, 431-438.

MULYANI, Sri, et al. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit: Analisis dan Perancangan. Abdi Sistematika, 2017.

MISTIKAWENI, Debbie; HIN, Lauw Li. PENERAPAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP (E-CRM) DALAM UPAYA MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DAN PELAYANAN TERHADAP PELANGGAN CATERING HANDAYANI. IDEALIS: InDonEsiA journaL Information System, 2019, 2.2: 72-77.

FAUZI, Ahmad, et al. Peningkatan Kualitas Pelayanan Melalui CRM dengan Metode RAD. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 2017, 1.1: 76-81.

BUTTLE, Francis; MAKLAN, Stan. Customer relationship management: concepts and technologies. Routledge, 2019.

SOLICHIN, Achmad. Pemrograman web dengan PHP dan MySQL. Penerbit Budi Luhur, 2016.

HAMIDJOYO, Kunto, et al. Electronic Customer Relationship Management (E-Crm) Pada Rsu Assalam Gemolong. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, 2017, 6.2.

WELIM, Yohannes Yahya; SAKTI, Anugrah Rahmat. Rancang bangun sistem informasi administrasi pengelolaan dana masjid pada yayasan al-muhajiriin, tangerang. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 2016, 7.1: 29-38.

ASMARA, Jimi, et al. Perancangan Strategis Sistem Informasi Pada Stikom Artha Buana Kupang NTT. Techno. Com, 2017, 16.4: 387-400.

Published
2021-01-18
How to Cite
[1]
I. Ramadhani and Y. Yuliazmi, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) PADA KATAR WISATA TOUR & TRANSPORT UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DALAM BISNIS PERJALANAN WISATA”, IDEALIS, vol. 4, no. 1, pp. 90-97, Jan. 2021.