PENERAPAN E-COMMERCE DENGAN STRATEGI BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) UNTUK PENJUALAN SPAREPART MOTOR

  • Tezza Ermuda Nugroho Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Yuliazmi Yuliazmi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Content Management Sistem, Yon Kawasaki Part, E-Commerce, strategi marketing SEO

Abstract

Seiring berjalannya waktu, teknologi yang semakin berkembang memungkinkan kita untuk dapat berkomunikasi, mendapatkan informasi hingga bertransaksi seperti di E-Commerce melalui internet. Toko Yon Kawasaki Part adalah contohnya, toko yang menjual suku cadang original kawasaki ini sudah menggunakan E-commerce. Namun biaya promosi untuk menaikan rating toko dan menaikan produk yang dijual dirasa terlalu berat, ditambah situasi sekarang saat pandemi orang akan jarang datang langsung ke toko untuk membeli produk mengakibatkan penjualan semakin menurun. Juga dalam melakukan transaksi di E-Commerce pada umumnya dana akan disimpan terlebih dahulu oleh pihak E-Commerce, Jika barang sudah diterima oleh pembeli barulah uang akan dikirim ke toko, hal itu mengakibatkan akan memakan waktu untuk membeli stok produk pada toko Yon Kawasaki Part. Dalam penelitian ini, penulis akan membuat website E-Commerce dengan menggunakan Content Management Sistem (CMS) dari Wordpress. Penulis juga akan menggunakan strategi bisnis dengan metode Business Model Canvas (BMC) dan memberikan strategi pemasaran dengan menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO) untuk menaikan website E-Commerce pada mesin pencarian. Juga memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran dan informasi untuk menjangkau seluruh pengguna media sosial tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan adanya website e-commerce ini diharapkan mampu menekan biaya promosi, juga dengan memanfaatkan strategi marketing SEO dapat membantu promosi, dan pemilik tak perlu menunggu waktu lama untuk mencairkan dana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Ujianti and G. Triyono, “Penerapan Website E-Commerce berbasis Content Management System (CMS) untuk Pelayanan Penjualan pada MSFashioners,” Idealis, vol. 3, no. 1, pp. 436–442, 2020.

S. Permoni and A. Ariesta, “PENJUALAN ONLINE PADA TOKO FRIEND SHOES JKT,” pp. 244–251, 2019.

Sudaryono, E. Rahwanto, and R. Komala, “E-commerce Dorong Perekonomian Indonesia, selama Pandemi Covid-19,” J. Manaj. Bisnis Prodi Kewirausahaan, vol. 2, no. 1, pp. 200–213, 2020.

F. A. Irfannudin and A. U. Hamdani, “Implementasi Sistem E-Commerce Pada Guna Motor Berbasis Content Management System (Cms) Wordpress,” I D E a L I S, vol. 3, pp. 42–48, 2020.

M. Hayaty and D. Meylasari, “Implementasi Website Berbasis Search Engine Optimization (SEO) Sebagai Media Promosi,” J. Inform., vol. 2, pp. 295–300, 2018.

W. Prabowo and J. Sutrisno, “PERANCANGAN E-COMMERCE UNTUK PENJUALAN SPAREPARTS PADA BENGKEL ABM MOTOR,” J. IDEALIS, vol. 2, pp. 74–80, 2019.

F. Ramadhan and L. Fajarita, “Implementasi Rancangan E-Commerce Pada Surya Timur Collection Dengan Metode Business Model Canvas (Bmc) Berbasis Content Management System (Cms),” J u r n a l I D E A L I S, vol. 3, no. 1, pp. 251–259, 2020.

K. Y. Abdul Azis, Nurul Fuat, “Aplikasi Jadwal Event Cb Sejawa Timur Berbasis Android,” Issn 2598-2249, vol. 1, no. 1, pp. 487–494, 2017.

Budiman and A. Saefudin, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Peyakit Menular Seks Menggunakan Metode Case Based Reasioning Dengan Teknik Forward Chaining Berbasis Mobile Android,” J. Tek. Inform. Univ. Majalengka, pp. 210–222, 2018.

E. Revsie Akbar and H. Irawan, “Analisis dan Implementasi E-Commerce Menggunakan CMS Wordpress Pada Queenita Classic,” J. Idealis, vol. 4, no. 1, pp. 107–116, 2021.

Himawan, Arisantoso, and A. Saefullah, “Search Engine Optimization (Seo) Menggunakan Metode White Hat Seo Untuk Meningkatkan Peringkat Dan Trafik Kunjungan Website,” Pros. SNATIF ke-4 Tahun 2017, pp. 783–790, 2017.

E. D. Wawolumaya, D. L. Tampi, and J. J. Rogahang, “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Pada Rose Collection Manado,” Productivity, vol. 1, no. 2, pp. 134–141, 2020.

Published
2021-07-15
How to Cite
[1]
T. Nugroho and Y. Yuliazmi, “PENERAPAN E-COMMERCE DENGAN STRATEGI BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) UNTUK PENJUALAN SPAREPART MOTOR”, IDEALIS, vol. 4, no. 2, pp. 177-186, Jul. 2021.
Section
Table of Content