PENERAPAN E-COMMERCE UNTUK MENGOPTIMALKAN PENJUALAN PADA TOKO GITA GIZA

  • Iqbal Rizqullah Arief Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Ita Novita Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: E-commerce, CMS, Penjualan Tas, SEO, Business Model Canvas, Content Management System (CMS), CMS Wordpress, Toko Gita Giza

Abstract

Dewasa ini perdagangan online atau e-commerce sangat diminati oleh masyarakat luas. Penjual dapat menjangkau target pasar yang lebih luas tanpa batasan wilayah dan memudahkan pembeli untuk mengakses menggunakan telepon genggam dan komputer dengan memanfaatkan jaringan internet tanpa harus datang secara fisik ke toko. Seperti halnya pada Toko Gita Giza yang merupakan usaha perorangan yang menjual berbagai model tas bermotif batik di daerah Tangerang Selatan. Saat ini Toko Gita Giza membuka toko offline dengan target masyarakat sekitar. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah Toko Gita Giza masih kesulitan dalam mempromosikan produk-produk yang dijual dengan jangkauan pemasaran yang lebih luas dan kesulitan dalam memasarkan produk atau stok lama yang belum terjual. Dari pemasalahan tersebut penulis mengusulkan pembuatan e-commerce menggunakan Content Management System (CMS) yaitu wordpress dengan menggunakan metode Business Model Canvas (BMC) dan Search Engine Optimization (SEO). Hasil dari penelitian ini adalah berupa website e-commerce yang dapat membantu Toko Gita Giza untuk meningkatkan penjualan dengan memperluas target pasar ke seluruh pelosok indonesia maupun mancanegara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Buchari and Y. Santoso, “Perancangan Aplikasi Penjualan Tas dan Seminar Kit,” J. Idealis, vol. 2, no. 1, pp. 179–184, 2019.

H. Himawan, A. Saefullah, and S. Santoso, “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif,” Sci. J. Informatics, vol. 1, no. 1, pp. 53–63, 2015.

S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta,” Ilk. J. Ilm., vol. 10, no. 2.

J. Setiawan, “RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN TAS BERBASIS WEB PADA ‘GIKITA’ ONLINE SHOP,” Stat. F. Theor, vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019.

M. Rainaldo, B. M. Wibawa, and Y. Rahmawati, “Analisis Business Model Canvas Pada Operator Jasa Online Ride-Sharing (Studi Kasus Uber di Indonesia),” J. Sains dan Seni ITS, vol. 6, no. 2, pp. 2–6, 2017.

R. Rachmawati, “Teknik Dan Ideologi Penerjemahan Di Wordpress,” Madah J. Bhs. dan Sastra, vol. 7, no. 2, p. 211, 2017, doi: 10.31503/madah.v7i2.430.

A. Q. A. Dwi, “Pembuatan Website Menggunakan Cms Wordpress,” J. Apl. Bisnis, vol. 3, pp. 287–292, 2017.

S. Kosasi, “Perancangan E-Commerce Accessories Handphone Berbasis Komponen,” no. 372, 2014.

R. Y. Endra and D. Prasetya, “Analisis Perbandingan Teknik SEO Antara Google Webmaster Dan Bing Master Menggunakan Gap Analisis,” Explor. J. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 8, no. 1, 2017.

F. Kereh, A. L. Tumbel, S. S. R. Loindong, J. Manajemen, U. Sam, and R. Manado, “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Motor Yamaha Mio Pada Pt. Hasjrat Abadi Outlet Yamaha Sam Ratulangi,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 6, no. 2, pp. 968–977, 2018.

Published
2021-01-18
How to Cite
[1]
I. Arief and I. Novita, “PENERAPAN E-COMMERCE UNTUK MENGOPTIMALKAN PENJUALAN PADA TOKO GITA GIZA”, IDEALIS, vol. 4, no. 1, pp. 127-136, Jan. 2021.