SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENENTUAN SUPPLIER TERBAIK DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA XY COFFEE AND ROASTERY

  • Alwan Fauzi Saputra Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Ita Novita Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Penunjang Keputusan, Decision Support Sytem, Simple Additive Weighting (SAW), Analytical Hierarchy Process (AHP), SPK Pemilihan Supplier Kopi

Abstract

XY Coffee And Roastery merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang pemanggang biji kopi yang selalu berusaha memenuhi keinginan pelanggan untuk menyediakan kualitas produk biji kopi yang terbaik. Dalam menjalankan usahanya pemilihan supplier merupakan hal yang penting dilakukan karena berdampak pada kualitas produk serta biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli produk tersebut. Adapun permasalahan yang terjadi dalam pemilihan supplier yaitu pengambilan keputusan dalam pemilihan supplier masih bersifat subyektif dan sepihak, belum adanya bobot kriteria atau tingkat priorotas untuk menilai supplier. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan suatu sistem penunjang keputusan yang dapat melakukan pemilihan supplier pada XY Coffee And Roastery sesuai dengan kriteria yang ada dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) sebagai penentu bobot dari masing-masing kriteria dan Simple Additive Weighting (SAW) untuk membantu pengambilan keputusan dalam menilai supplier yang akan dipilih. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah sistem penunjang keputusan yang dapat membantu pimpinan dalam memilih supplier terbaik. Hasil dari penelitian ini untuk pembobotan menggunakan AHP dari 5 kriteria yaitu quality 0,291, cost 0,220, delivery 0,153, flexibility 0,230 dan responsiveness 0,107. Kriteria yang sangat berpengaruh adalah quality dengan nilai 0,291. Sedangkan hasil rangking berdasarkan perhitungan SAW sebagai alternatif supplier terbaik didapatkan dengan nilai tertinggi 0,948.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M.F. Limansantoso, “Pemilihan Supplier Proudk Calista Dengan Metode Analytical Hierarcht Process (AHP) Pada PT. Buana Tirta Utama-Gresik” , Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol 2, No. 1, 2013.

Sherly, “Pemilihan Supplier Udang dengan Model QCDFR Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada UD AMUN Di Tarakan”, Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol 6, No. 1, 2017.

W. Andalia and I. Pratiwi, “Analisis Pemilihan Supplier Menggunakan Metode Analytucal Hierarchy Process (Studi Kasus PT. Perkasa Sejahtera Mandiri”, INTEGRASI Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol 3, No. 1, 2018.

R. I. Handayani and Y. Darmianti, “Pemilihan Supplier Bahan Baku dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada PT. Cipta Nuansa Prima Tangerang”, Jurnal Techo Nusa Mandiri, Vol XIV, No. 1, 2017.

Haryanto and S. Khotimah, “Sistem Penunjang Keputuasan Pemilihan Supplier Terbaik Telur Bermerk Menggunakan Metode SAW Studi Kasus: PT. Giant Pondok Kopi”, JIMP-Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, Vol 3, No. 2, 2018.

H. Hasugian and Z. N. Sabila, “Penerapan Metode AHP dan SAW Dalam Pengambilan Keputusan Pemilihan Supplier Bahan Jaket Pada CV. Widia Prataman Kreasi”, Seminar Nasional Teknologi Informasi Universitas Ibn Khaldum Bogor SEMNATI, Vol 1, 2018.

J. Wijayanto and S. Juanita, “Pemodelan Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Guru Terbaik SMA YP-BDN Menggunakan AHP dan SAW”, IDEALIS, Vol 4, No. 1, 2021.

E. N. Saparina, M. Kholi and S. Safitri, “Pemilihan Alternatif Supplier Menggunakan Pendekatan Vendor Performance Indicator (VPI) dan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) di PT. Sumber Berkat Anugerah Indonesia”, Seminar Nasional Teknik Industri (SNTI), 2017.

R. W. Nugraha and Nursholihah, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Studi Kasus PT. Swiss Yuta Jaya”, Buffer Informatika, Vol 6, No. 1, 2020.

Muslim, Bilal and Y. Iriani, “Pemilihan Bahan Baku Tinta dengan Menggunakan Metode AHP”, National Conference: Design and Application of Technology, 2010.

B.T. Sartana, R. Fadillah, R. Roeswidiah and D. Achadiani, “Penentuan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP): Studi Kasus PT. Jaya Duta Indonesia”, IDEALIS, Vol 4, No. 1, 2021.

Published
2021-07-15
How to Cite
[1]
A. Saputra and I. Novita, “SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENENTUAN SUPPLIER TERBAIK DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA XY COFFEE AND ROASTERY”, IDEALIS, vol. 4, no. 2, pp. 205-214, Jul. 2021.
Section
Table of Content