RANCANGAN E-CRM DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS DAN PELAYANAN TERHADAP JAMAAH UMROH STUDI KASUS: DARUL QUR’AN (DAQU) TOUR & TRAVEL

  • Malik Aziz Habibie Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Gandung Triyono Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: e-CRM, tour & travel, customer relationship management, umroh

Abstract

Perusahaan “Darul Qur’an (Daqu) Tour & Travel” merupakan cabang usaha milik PT. Al Amin Mulia Lestari yang di pimpin oleh Ust. Yusuf Mansur. Daqu Tour & Travel telah memiliki izin penyelenggaraan sejak tahun 2011. Perusahaan ini bergerak sebagai penyelenggara Umroh dan Haji khusus yang sudah berpengalaman memberangkatkan para jamaah menunaikan ibadah ke tanah suci mekah Untuk menjalani komitmen dan mengatasi segala permasalahan, Darul Qur’an (Daqu) Tour & Travel perlu memanfaatkan secara maksimal penggunaan teknologi informasi. Proses pelayanan yang ada perlu ditingkatkan seperti kecepatan dalam pelayanan kepada jamaah (pelanggan), sulitannya jamaah untuk dapat mengajukan keluhan kepada perusahaan. Khususnya mengenai paket tour umroh dan tidak adanya penyedian informasi fasilitas yang didapat dari paket ibadah yang ditawarkan. Sebagai salah satu solusi dalam menjawab masalah-masalah tersebut, maka dibuatnya suatu rancangan CRM berbasis web atau E-CRM bagi perusahaan yang diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada calon jamaah, dengan solusi sebagai berikut: Calon jamaah yang ingin mendaftar untuk umroh akan mendapatkan informasi testimoni dari alumni jamaah, semua komplain yang diajukan jamaah akan terdokumentasi dengan baik dan akan segera ditangani berdasarkan Service Level Agreement, guna menuju perbaikan pada perusahaan maka sangat dibutuhkan masukan atau ide dari jamaah berupa kritik dan saran yang disampaikan ke staff yang nantinya akan dimusyawarahkan oleh staff dan atasan perusahaan. Penulis mengimplementasikan dengan menggunakan PHP, dan menggunakan database PHPmyAdmin. Penulis berharap dengan adanya rancangan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM), dapat membantu dalam mengatasi masalah-masalah yang sering terjadi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-02
How to Cite
[1]
M. Habibie and G. Triyono, “RANCANGAN E-CRM DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS DAN PELAYANAN TERHADAP JAMAAH UMROH STUDI KASUS: DARUL QUR’AN (DAQU) TOUR & TRAVEL”, IDEALIS, vol. 1, no. 3, pp. 372-378, Jul. 2018.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)