PERANCANGAN DAN PEMBANGUNAN APLIKASI E-COMMERCE BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO JAKET KULIT NAUFAL

  • Ahmad Rizki Fadillah Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Lusi Fajarita Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Wordpress, toko Jaket Kulit Naufal, E-Commerce, Penjualan Jaket Kulit, Business Model Canvas (BMC)

Abstract

Electronic Commerce atau E-commerce merupakan suatu konsep yang biasa dilihat sebagai suatu kegiatan transaksi jual beli barang atau jasa pada media internet. Electronic Commerce merupakan kegiatan bisnis yang dijalankan secara elektronik melalui internet atau melalui jalur komunikasi digital. Penelitian ini mengambil studi kasus pada toko Jaket Kulit Naufal adalah usaha yang berkecimpung dalam bidang fashion dengan fokus menjual jaket kulit pria dan wanita. Mekanisme sistem penjualan pada toko Jaket Kulit Naufal masih kurang efektif, sehingga mengharuskan konsumen mesti datang langsung ke toko. Pemasaran produk yang berjalan sekarang masih menggunakan Media sosial. Saat ini, pada pembuatan laporan masih menggunakan cara manual yaitu dengan pembukuan. Hasil dari riset ini ialah membangun website e-commerce dengan metode Content Management System (CMS) yaitu Wordpress. Riset ini dengan metode Business Model Canvas (BMC) agar mempermudah dengan bagan elemen apa saja yang dapat membantu toko Jaket Kulit Naufal dalam kelangsungan produksi dan penjualannya. Hasil akhir dari riset ini ialah membangun website e-commerce agar memudahkan customer pada saat transaksi tanpa ada batas waktu dan tempat dan serta mempermudah pemilik toko Jaket Kulit Naufal dalam meningkatkan penjualan dan pemasarannya serta mempermudah pemilik toko untuk mencetak laporan yang diinginkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Setiawan Iwan. Wirausaha Masa Depan, Kekuatan Dunia Baru Menuju Kemakmuran Hijau. Jakarta: Penebar Swadaya, Anggota lkapi., 2012

Aryanto, A, Tjendrowasono, I, T. Pembangunan Sistem Penjualan Online Pada Toko Indah Jaya Furniture Surakarta, 2012, 1–7.

Alfiah, F., Harahap, E. P., Pahad, B. A., Azhari, I. A., & Saputra, R. S., Analisis Peran Teknologi Internet Sebagai Media Transaksi Electronic Commerce Untuk Meningkatkan, 2015, 6–8.

Sri, R., Rejeki, A., Utomo, A. P., & Susanti, S. Perancangan Sistem Penjualan pada Distro Smith Berbasis E-Commerce, 2015 , 150–159.

Yudhanto Yudha. Technology Information Business Start-up. Jakarta: PT Elex Media Komputindo., 2019

Sovia Elinawati, Abulwafa Muhammad, S. A. Rancang Bangun CMS Dengan Studi Kasus Electronic Bisnis Pada Toko Gorden Alya. Jurnal KomTekInfo Fakultas Ilmu Komputer, 2015, 79–90.

Nawaningtyas, N., Waluyo, A., Munawar, A., & Setyawansyah, S. Penerapan Desain Interior Dengan Menggunakan Sistem Market Jasa Dekorasi Dan Wordpress. Proceeding of The 4th Informatics Conference, 2017, 1–4.

Fathurrahman. Pembuatan Website Praktis dan Mudah dengan Menggunakan Webbly. Jakarta: PT Elex Media Komputindo., 2014

Enrico Oley, Dr.Eng Steven R. Sentinuwo, ST., MTI, Alicia A.E. Sinsuw, ST., M. Sistem Pemesanan Makanan Dan Minuman Berbasis Online. Conference on Lasers and Electro-Optics and 2006 5(5)., 2016 , https://doi.org/10.1109/CLEO.2006.4628523

Evi & Gede. Langkah - langkah Desain Proyek dengan Menggunakan UML. Yogyakarta: CV. Andi Offset., 2012

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
A. Fadillah and L. Fajarita, “PERANCANGAN DAN PEMBANGUNAN APLIKASI E-COMMERCE BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO JAKET KULIT NAUFAL”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 85-91, Jan. 2020.