PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DALAM SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENENTUAN GURU TERBAIK PADA SMPN 10 TANGERANG

  • Lusi Fajarita Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Anto Prasetyo Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Simple Additive Weighting (SAW), Analytical Hierarchy Process (AHP), Sistem Penunjang Keputusan, SPK Guru Terbaik

Abstract

Penentuan guru terbaik merupakan hak prerogatif Kepala Sekolah kepada guru yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Namun dalam memberikan penilaian tersebut, tidak memungkiri akan adanya penilaian secara subyektif karena satu dan lain hal. Sistem penunjang keputusan merupakan suatu sistem yang dapat menghasilkan informasi yang spesifik untuk membantu Top Level Management dalam mengambil keputusan. Dengan sistem ini maka penilaian secara subyektif dapat diminimalisir. Penggabungan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Dan Simple Additive Weighting (SAW) digunakan untuk menentukan bobot penilaian dan menghasilkan nilai alternatif terbaik. Pada prinsipnya metode AHP akan memecahkan persoalan dengan 3 cara yaitu: menyusun hirarki, menentukan prioritas dan mengukur konsistensi. Sedangkan metode SAW akan mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja setiap alternatif disemua atribut. Dalam penelitian ini, kriteria yang dinilai dalam penentuan guru terbaik antara lain : pedagogik, sosial, kepribadian dan profesional. Dimana pada setiap kriteria tersebut memiliki beberapa sub kriteria. Hasil pengujian sistem pada semua kriteria yang dinilai, dengan metode AHP menghasilkan nilai Consistency Index (CI) dan Consistency Ratio (CR) yang konsisten, yaitu kurang dari  0,1. Hasil pengujian dengan  metode SAW terhadap 5 orang guru yang dinilai, menghasilkan peringkat pertama dengan nilai tertinggi sebesar 3,6859.

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. Choliviana, “Pembuatan Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Wonoanti III,” IJCSS, vol. 5, no. 1, pp. 6–14, 2013.

D. Nofriansyah, Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan. 2015.

Ardiansyah, M Opy, and KristianSiregar, “Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode Analitic Hierarchy Process (AHP) pada SMK Negeri Rundeng,” Pelita Inform. Budi Darma, vol. 15, no. 1, pp. 12–18, 2016.

W. R. Hasibuan, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Jenis Tanaman Pada Lahan Pertanian Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW),” Agrium, vol. 20, no. 2, pp. 157–162, 2016.

Frieyadie, “Penerapan Metode Simple Additive Weight (SAW) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Promosi Kenaikan Jabatan,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 12, no. 1, pp. 37–45, 2016.

Published
2020-07-15
How to Cite
[1]
L. Fajarita and A. Prasetyo, “PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DALAM SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENENTUAN GURU TERBAIK PADA SMPN 10 TANGERANG”, IDEALIS, vol. 3, no. 2, pp. 581-586, Jul. 2020.
Section
Table of Content