SISTEM INFORMASI PENUNJANG KEPUTUSAN PENENTUAN GURU TERBAIK PADA SEKOLAH SMP ISLAM AL HIKMAH DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

  • Nugroho Bagus Wibowo Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Dian Anubhakti Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Penunjang Keputusan, Decision Support System (DSS), SPK Guru Terbaik, Analytical Hierarchy Process (AHP), Yayasan SMP Islam Al-Hikmah hati, SMP Islam Al Hikmah

Abstract

Yayasan SMP Islam Al-Hikmah hati adalah Yayasan yang bergerak di penyelengaraan Pendidikan, telah berdiri sejak tahun 1994. Dengan di dasari idesialis yang tertinggi dengan ikut serta mengambil bagian dalam mencerdaskan anak – anak Bangsa dengan biaya yang terjangkau serta memberikan pendidikan yang berkualitas Sejak itu Yayasan Islam Al Hikmah mengemban amanah membantu menumbuhkan, mengembangkan, membentuk, dan mengarahkan anak didik menjadi hamba Allah yang shaleh; yang lurus aqidahnya, mulia akhlaqnya, cerdas akalnya, sehat dan kuat fisiknya, dekat dan cinta kepada Al-Quran. Kemudian pada juli 2006. salah satunya dengan melakukan penentuan guru terbaik di setiap angkatan. Permasalahan yang terjadi pada penentuan guru terbaik di SMP Islam Al Hikmah yaitu Wakabid Kurikulum Banyaknya guru yang ada sulit untuk melakukan keputusan pemilihan guru berprestasi secara tepat serta membutuhkan waktu yang lama dalam perhitungannya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu Decision Support System (DSS) dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan untuk mempersingkat dalam penentuan guru secara tepat, tanpa membutuhkan waktu yang lama dalam perhitungan. Selain itu sistem dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Penentuan guru berprestasi ditentukan dari menjumlahkan hasil kriteria-kriteria yang tertera dalam bobot yang telah ditentukan. Hasil yang ada akan dirangking sesuai dengan perhitungan yang ada pada metode AHP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Eko, ”Sist. Pendukung Pengambilan Keputusan Penentuan Pemilihan Guru Berprestasi Pada Smkn 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan Menggunakan Metod. Anal. Hierarchy Dengan Implementasi Bhs. Pemograman Php Dan Mysql", vol. 10, no. 1, pp. 72–83, 2017.

W. D. Puspitasari and D. K. Ilmi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Berprestasi Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp),” Antivirus J. Ilm. Tek. Inform., vol. 10, no. 2, pp. 56–68, 2016.

A. Paramita, F. A. Mustika, and N. Farkhatin, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Guru Terbaik Berdasarkan Kinerja dengan Metode Analytical Hierarchy Process ( AHP ),” vol. 03, no. 01, pp. 9–18, 2017.

R. Artika, “Penerapan Analitycal Hierarchy Proccces(Ahp) Dalam Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Pada Sd Negeri,” Penerapan Anal. Hierarchy Proccces(Ahp) Dalam Pendukung Keputusan Penilai. Kinerja Guru Pada Sd Negeri, vol. IV, p. 123, 2013.

O'Brien, J. A., & Marakas, G. M. (2014). Sistem Informasi Manajemen (9 ed.). Salemba Empat

R. Adrifa, R. Kurniawan, and A. Sofyan, “Perancangan Sistem Pengontrolan Stok Barang pada Blesscom Komputer Dengan Metode Economic Order Quantity ( EOQ),” J. Inform., vol. 10, no. 1, pp. 39–47, 2018.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
N. Wibowo and D. Anubhakti, “SISTEM INFORMASI PENUNJANG KEPUTUSAN PENENTUAN GURU TERBAIK PADA SEKOLAH SMP ISLAM AL HIKMAH DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 486-491, Jan. 2020.

Most read articles by the same author(s)