ANALISA DAN DESAIN SISTEM MONITORING TRANSAKSI DATA CENTER DAN DISASTER RECOVERY CENTER STUDI KASUS PADA DIREKTORAT PENGELOLAAN INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DITJEN KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

  • Bima Cahya Putra
  • Dian Anubhakti Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Gunawan Pria Utama Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Perekaman, Penunggalan dan Pencetakan KTP-el, Monitoring, Berbasis Web, Integritas Data

Abstract

Adanya sistem informasi manajemen kependudukan telah memberikan data kependudukan yang akurat baik dari sisi kependudukan, pendidikan, maupun perspektif lainnya, berdasarkan sistem yang ada. Akan tetapi, dalam pelaksanaan operasional pelaporan dan analisis, diperlukan sistem berbasis web yang mampu menampilkan data hasil Perekaman yang telah melalui proses penunggalan dan pencetakan, sehingga berguna dalam membantu merumuskan kebijakan atau program Pemerintah serta mampu meningkatkan pelayanan informasi kependudukan dan pencatatan sipil. Berbagai informasi yang berhubungan dengan jumlah hasil penunggalan dan pencetakan KTP-el Kabupaten/Kota termotivasi oleh kondisi geografis, geologis, hidrologis dan demografis untuk meningkatkan pelayanan kependudukan bagi warga negara Indonesia. Oleh karena itu, pada penelitian ini sistem yang dibangun berupa sistem informasi yang menampilkan jumlah data perekaman yang telah melalui proses data penunggalan (deduplication) dan pencetakan KTP-el setiap harinya dan dapat diakses melalui alat mobile phone atau perangkat yang terkoneksi dengan link publik, sehingga memudahkan memonitoring dan mengevaluasi terhadap data perekaman ataupun pencetakan KTP. Dalam melakukan pengembangan aplikasi metodologi yang kami gunakan ialah waterfall. Dengan adanya aplikasi yang dibangun, akan mendukung tata kelola infomasi pada Ditjen Dukcapil, sehingga memiliki integritas data dan informasi dapat terwujud.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Kristanto, Andri., “Perancangan Sistem informasi dan Aplikasinya”, Gava Media : Yogyakarta, 2018.
[2] Anthony, A., Tanaamah, A. R. and Wijaya, A. F. (2017) ‘Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi PenjualanBerdasarkan Stok Gudang Berbasis Client Server (Studi Kasus Toko Grosir “Restu Anda”)’, Jurnal TeknologiInformasi dan Ilmu Komputer, 4(2), p. 136. doi: 10.25126/jtiik.201742321.
[3] Amin. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Pada SMK Budhi Warman 1 Jakarta. JurnalIlmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 2(2), 114.
[4] Setiawan, & Khairuzzaman. (2017). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Proyek: Sistem Informasi Kontraktor.Jurnal Khatulistiwa Informatika, V(2),109.
[5] Sholikhah, Sairan, & Syamsiah. (2017). Aplikasi Pembelian dan Penjualan barang dagang pada CV GemilangMuliatama Cikarang. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, III(1), 20.
[6] Supriyanta, & Tina. (2017). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Penjualan Pada CV Simba JayaMagelang. Indonesian Journal On Networking and Security, 6(1), 11.
Published
2022-08-09
How to Cite
[1]
B. Putra, D. Anubhakti, and G. Utama, “ANALISA DAN DESAIN SISTEM MONITORING TRANSAKSI DATA CENTER DAN DISASTER RECOVERY CENTER STUDI KASUS PADA DIREKTORAT PENGELOLAAN INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DITJEN KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL”, IDEALIS, vol. 5, no. 2, pp. 135-140, Aug. 2022.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)