PEMODELAN SISTEM INFORMASI PEMBELIAN BARANG MENGGUNAKAN UNIFIED MODELING LANGUAGE STUDI KASUS : PT. YAYANG MANDIRI
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah mengalami kemajuan yang sangat pesat yang mengakibatkan usia informasi menjadi sangat pendek. Maka tidak heran penguasaan informasi tidak cukup hanya sekedar menguasai, tetapi diperlukan juga kecepatan dan ketepatan. Karena kebutuhan akan informasi merupakan kebutuhan utama pada setiap aspek kehidupan masyarakat. Oleh sebab itu tidak ada gunanya menguasai informasi yang telah usang, karena informasi lama akan diabaikan dengan adanya informasi yang lebih baru. Dalam suatu perusahan atau organisasi, data dan informasi adalah salah satu hal yang penting untuk melakukan suatu proses bisnis. Data yang valid adalah suatu modal bagi terciptanya sebuah informasi yang sangat berguna bagi kelangsungan sebuah kineja perusahaan. Nilai data dalam sebuah perusahaan atau organisasi bisa menjadi sangat mahal apabila data tersebut sangat diperlukan. Selain itu sistem yang terkomputerisasi juga sangat diperlukan tidak hanya perusahaan besar saja melainkan perusahan kecil pun sekarang sudah banyak menggunakan jasa komputer untuk pengelolah data dan membantu menyelesaikan suatu pekerjaan dengan cepat dan akurat. Dengan sistem manual maka perusahaan tidak akan bisa berjalan secara optimal sehingga target perusahaan sulit dicapai, sehingga akan sulit untuk bersaing dengan perusahaan lain yang sudah lebih dulu menggunakan sistem yang terkomputerisasi. Tujuanya dibuat secara terkomputerisasi merupakan sebagai usaha untuk memudahkan perusahaan dalam memonitor sistem pembelian barang yang sedang berjalan saat ini.