Aplikasi Kontrol Keamanan Ruang Menggunakan Mikrokontroler Atmega328, Sensor Pir Dan Webcam Berbasis Android Pada Roofkop Café

  • Aditya Indraprasti Universitas Budi Luhur
  • Windarto Windarto Universitas Budi Luhur

Abstract

Keamanan merupakan suatu kebutuhan bagi setiap orang dan saat ini tindak kriminal khususnya pencurian dapat menimpa siapa saja dan dimana saja. Kasus pencurian ini adalah salah satu masalah keamanan yang ada pada Roofkop Cafe. Penanganan dari permasalahan tersebut pada saat ini hanya memanfaatkan CCTV (Close Circuit Television) sebagai alat yang digunakan untuk memantau ruangan. Apabila di ruangan tersebut pemantauannya dilakukan secara terus menerus dengan menggunakan CCTV maka akan membebani penyimpanan pada server, karena ukuran file video hasil rekaman yang disimpan akan sangat besar. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membuat agar kamera hanya merekam pada saat yang dibutuhkan saja. Dari permasalahan tersebut selanjutnya dilakukan pengembangan sistem menggunakan metode prototype. Kemudian dilakukan pembuatan aplikasi dan perangkat keamanan ruang yang menggunakan bahasa Java untuk aplikasi server dan mobile Android serta bahasa C untuk pemograman perangkat mikrokontroler Arduino dan sensor-sensor pendukungnya dan penggunaan database MySQL. Perangkat yang digunakan adalah mikrokontroler ATMega328, Sensor PIR (Passive Infrared), kamera Webcam, Buzzer dan lampu LED. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan dapat memberikan kontribusi yang lebih baik dibandingkan dengan CCTV karena dapat melakukan pencegahan dini terhadap tindak pencurian pada ruangan tersebut. Tidak hanya itu, nantinya perangkat keras yang dibuat akan dihubungkan ke jaringan internet untuk dapat mengirimkan notifikasi dan kontrol jarak jauh ke aplikasi mobile Android. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan dibuatnya perangkat dan aplikasi kemanan ruang, maka dapat membantu meminimalisir bahkan mencegah adanya tindak kriminal pencurian di Roofkop Cafe. Aplikasi ini dilengkapi dengan capture camera sehingga dapat dijadikan bukti untuk setiap laporan apabila terjadi pencurian dan hal-hal yang tidak diinginkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-31
How to Cite
[1]
A. Indraprasti and W. Windarto, “Aplikasi Kontrol Keamanan Ruang Menggunakan Mikrokontroler Atmega328, Sensor Pir Dan Webcam Berbasis Android Pada Roofkop Café”, SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika, vol. 1, no. 3, pp. 1086-1092, Jul. 2018.

Most read articles by the same author(s)