IMPLEMENTASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI VIGENER CIPHER DAN AFFINE CIPHER UNTUK MENGAMANKAN PESAN PADA APLIKASI CHATTING BERBASIS ANDROID
Abstract
Pada era perkembangan ilmu pengetahuan di bidang teknologi dan informasi saat ini, komunikasi merupakan hal yang paling penting dalam komunitas global. Begitupun halnya dalam dunia pendidikan, komunikasi sudah menjadi bagian penting dalam melakukan aktivitas pembelajaran. Namun saat ini, kesibukan Wali Murid menjadi salah satu faktor kurangnya perhatian para Wali Murid terhadap anaknya di sekolah. Hal ini dikarenakan kesibukan Wali Kelas dan Wali Murid dengan pekerjaan mereka masing-masing sehingga komunikasi antara Wali Kelas dan Wali Murid sangat jarang dilakukan. Oleh karena itu, untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dibuatlah sebuah aplikasi chatting sebagai media komunikasi antara Wali Kelas dengan Wali Murid sehingga Wali Kelas dan Wali Murid dapat saling berbagi informasi seputar aktivitas pembelajaran di sekolah. Untuk menjaga kerahasiaan pesan yang dikirim, digunakanlah teknik kriptografi, teknik kriptografi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu algoritma Vigenere Cipher dan algoritma Affine Cipher Aplikasi ini dibangun untuk perangkat berbasis Android menggunakan bahasa pemrograman bahasa Java Mobile dan Firebase sebagai web server. Proses pengiriman akan melalui 2 kali proses enkripsi dan setelah proses enkripsi berhasil, pesan akan disimpan pada Firebase. Sementara proses penerimaan pesan akan melalui 2 kali proses dekripsi yang pada akhirnya pesan akan ditampilkan kepada penerima. Dengan adanya aplikasi chatting ini diharapkan dapat membantu guru untuk saling berkomunikasi antara Wali Kelas dan Wali Murid dengan tetap menjaga keamanan pesan yang dikirim sehingga terhindar dari adanya pencurian informasi.Downloads
Download data is not yet available.
Published
2018-05-05
How to Cite
[1]
M. Darmawan and W. Windarto, “IMPLEMENTASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI VIGENER CIPHER DAN AFFINE CIPHER UNTUK MENGAMANKAN PESAN PADA APLIKASI CHATTING BERBASIS ANDROID”, SKANIKA, vol. 1, no. 2, pp. 583-590, May 2018.
Section
Articles