Implementasi Kriptografi Pada Email Menggunakan Algoritma Rivest Code 4 (Rc4) Dan Data Encryption Standart (Des) Berbasis Java Desktop Pada Pt Vepro Nusa Persada

  • Arief Rilo Pambudi Universitas Budi Luhur
  • Windarto Windarto Universitas Budi Luhur

Abstract

Bertukar informasi menjadi hal penting dalam kehidupan bermasyarakat untuk berkomunikasi, email adalah salah satu media komunikasi untuk bertukar informasi. Karena kemudahan dalam mengakses, menjadikan media komunikasi tersebut sangat berdampak bagi keamanan untuk mengakses media tersebut. Banyak orang berusaha menemukan cara untuk mengamankan informasi yang melalui media pertukaran informasi. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kriptografi dalam mengamankan data dalam pertukaran informasi Dalam kriptografi, terdapat fungsi enkripsi dan dekripsi yang menjadi kunci keamanan media tersebut. PT Vepro Nusa Persada adalah perusahaan penyedia dan kontraktor elektrik pompa yang banyak komunikasi yang dilakukan melalui email dalam proses kerja samanya. Didalam dokumen yang dikirim melalui email yang merupakan dokumen penting. Pada tugas akhir ini dirancang suatu aplikasi kriptografi yang digabungkan dengan email, dimana penulis mengharapkan aplikasi ini kriptografi yang dapat membantu segala kegiatan pada PT Vepro Nusa Persada. Dalam perancangan aplikasi ini menggunakan metode pengembangan sistem dengan model waterfall. Aplikasi menggunakan algoritma Rivest Code 4 (RC4) dan Data Encryption Standart (DES) dengan bahasa pemrograman java, dimana kunci enkripsi dan dekripsi diatur oleh pengguna, hal ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan dari sistem. Algoritma Rivest Code 4 (RC4) dan Data Encryption Standart (DES) diharapkan mampu memproses enkripsi dan dekripsi data dengan waktu yang lebih cepat dan pengamanan yang lebih aman. Adapaun file yang dapat diproses oleh aplikasi hanya file berekstensi .docx, .xlxs, .pptx, dan .pdf.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-31
How to Cite
[1]
A. R. Pambudi and W. Windarto, “Implementasi Kriptografi Pada Email Menggunakan Algoritma Rivest Code 4 (Rc4) Dan Data Encryption Standart (Des) Berbasis Java Desktop Pada Pt Vepro Nusa Persada”, SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika, vol. 1, no. 3, pp. 1267-1272, Jul. 2018.

Most read articles by the same author(s)