Implementasi Algoritma Enkripsi Aes 256 Dan Vigenere Cipher Untuk Mengamankan Dokumen Digital Pada Aplikasi Penyimpan Dan Berbagi Dokumen Digital Berbasis Web

  • Muhammad Rahman Saleh Universitas Budi Luhur
  • Windarto Windarto Universitas Budi Luhur

Abstract

Salah satu kegiatan menggunakan teknologi yang sering digunakan saat ini adalah laptop atau personal computer oleh guru untuk proses belajar dan dalam berbagai format antara lain microsoft word, microsoft power point atau pdf dan disimpan dalam media penyimpanan laptop atau personal computer. Namun jika seorang guru memerlukan materi pembelajaran terbaru akan tetapi guru tersebut tidak memilikinya, maka proses belajar mengajar menjadi terhambat. Selain itu dengan menyimpan dalam media penyimpanan laptop atau personal computer dapat terjadi pencurian atau pengaksesan dokumen oleh pihak yang bertujuan kurang baik. Oleh karena itu, untuk menyelesaikan permasalahan guru tersebut dapat digunakan teknologi cloud sebagai media berbagi pakai materi pembelajaran dan untuk menyimpan berbagai dokumen milik guru tersebut. Untuk meningkatkan keamanan file dan data yang disimpan dalam cloud dapat digunakan teknik kriptografi. Dalam teknik kriptografi beberapa algoritma yang dapat digunakan dalam penelitian ini yaitu algoritma AES 256 dan algoritma Vigenere Cipher. Algoritma AES 256 akan digunakan untuk mengamankan dokumen-dokumen yang disimpan dan Vigenere Cipher akan digunakan untuk mengamakan data-data dan log dari guru ketika menggunakan aplikasi cloud ini. Dengan adanya aplikasi cloud ini diharapkan dapat membantu guru untuk saling berbagi pakai materi pembelajaran dan dapat membantu mengamakan dokumen-dokumen mililk guru dari pihak yang memiliki tujuan kurang baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-31
How to Cite
[1]
M. R. Saleh and W. Windarto, “Implementasi Algoritma Enkripsi Aes 256 Dan Vigenere Cipher Untuk Mengamankan Dokumen Digital Pada Aplikasi Penyimpan Dan Berbagi Dokumen Digital Berbasis Web ”, SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika, vol. 1, no. 3, pp. 1259-1266, Jul. 2018.

Most read articles by the same author(s)