ANALISIS DAN RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PEMBAYARAN SISWA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN UNIFIED MODELING LANGUAGE STUDI KASUS: SMA CENDERAWASIH II

  • Dufi Muzarli Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Hendri Irawan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: sistem informasi administrasi pembayaran, unified modeling language, sistem pembayaran berbasis web

Abstract

SMA Cenderawasih II adalah organisasi yang bergerak di bidang pendidikan. Untuk pencatatan pembayaran siswa pada tiap bulannya, baik yang sudah terjadwal maupun tidak oleh Bagian Tata Usaha Administrasi Pembayaran, saat ini masih berjalan dengan menggunakan sistem manual. Hal ini dirasa kurang efektif dikarenakan terkadang terjadi kesalahan dalam perhitungan maupun pencatatan pembayaran, pencarian data pembayaran yang memakan waktu relatif lama, serta laporan siswa yang menunggak pada bulan sebelumnya yang masih kurang akurat. Untuk memecahkan beberapa masalah yang sering muncul tersebut, penulis telah menganalisis dan merancang bangun Sistem Informasi Administrasi Pembayaran Berbasis Web menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL dengan metodologi Unified Modeling Language. Penulis berharap penggunaan sistem terkomputerisasi ini menjadi solusi sehingga membantu mengantisipasi timbulnya permasalahan serupa dikemudian hari, serta meningkatkan kinerja pelayanan bagian tata usahal dalam melayani administrasi pembayaran kepada para siswa dan orangtua.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-03
How to Cite
[1]
D. Muzarli and H. Irawan, “ANALISIS DAN RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PEMBAYARAN SISWA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN UNIFIED MODELING LANGUAGE STUDI KASUS: SMA CENDERAWASIH II”, IDEALIS, vol. 1, no. 4, pp. 163-170, Sep. 2018.

Most read articles by the same author(s)