ANALISIS DAN DESAIN SISTEM ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) BERBASIS WEB GUNA MENINGKATKAN PELAYANAN BIMBINGAN BELAJAR

  • Sisca Agdinsa Ramadhan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Hendri Irawan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: electronic customer relationship management, lembaga bimbingan belajar, pelayanan

Abstract

Teknologi internet saat ini sangat berkembang pesat, sehingga menuntut penggunanya untuk terbiasa menerapkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari, tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Bimbingan belajar merupakan lembaga pembelajaran yang saat ini eksistensinya semakin banyak dan tersebar diseluruh Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada salah satu lembaga bimbingan belajar yaitu Primagama. Dengan banyaknya pesaing dalam bisnis ini, maka diperlukan strategi bisnis yang baik, agar perusahaan mampu bersaing dengan meningkatkan pelayanan terhadap customer. Permasalahan yang sering ditemui di lembaga bimbel Primagama yaitu sering
terjadinya keterlambatan pembayaran atau pelunasan biaya bimbel, penyampaian keluhan masih secara lisan sehingga penanganan keluhan agak lambat, kurangnya koordinasi perusahaan dengan orang tua mengenai kegiatan akademis anaknya di tempat bimbel berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mencoba menganalisa dan merancang sistem usulan dengan menggunakan pendekatan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) pada tahapan prototype. Sistem ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan databse
MySQL. Sistem ini dibuat agar hubungan perusahaan dan customer dapat dikelola lebih baik dan perusahaan dapat meningkatkan pelayanan dan loyalitas customer sehingga mengurangi permasalahan yang ada

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-05
How to Cite
[1]
S. Ramadhan and H. Irawan, “ANALISIS DAN DESAIN SISTEM ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) BERBASIS WEB GUNA MENINGKATKAN PELAYANAN BIMBINGAN BELAJAR”, IDEALIS, vol. 2, no. 6, pp. 167-175, Nov. 2019.

Most read articles by the same author(s)