RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) GUNA MENINGKATKAN PELAYANAN SERTA LOYALITAS PELANGGAN STUDI KASUS : PT DJAYA BERSAMA PUTRA PRIMA

  • Ika Sulis Tiyani Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Hendri Irawan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: electronic customer relationship management, eCRM, CRM, loyalitas pelanggan

Abstract

PT Djaya Bersama Putra Prima adalah salah satu perusahaan di bidang jual beli PABX Panasonic. Private Automatic Branch X-change (PABX) adalah perangkat keras elektronik telekomunikasi yang berguna sebagai pembagi atau pengatur antara bagian internal dengan external. PABX digunakan untuk kantor, gedung, perumahan yang memerlukan percabangan satuan sambungan telepon. Perusahaan saat ini kesulitan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan karena perusahaan belum mempunyai sarana untuk menampung testimoni dan keluhan dari pelanggan, selain itu perusahaan tidak mudah mengidentifikasi pelanggan mana yang sering bertransaksi karena data transaksi per perlanggan sulit untuk dicari. Oleh sebab itu, peneliti melakukan analisa dan perancangan sistem dengan menggunakan konsep electronic Customer Relationship Management (E-CRM) berbasis web agar dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan daya saing antar perusahaan PABX/PBX lain nya. Metode pengembangan yang digunakan peneliti adalah metode prototype dengan bahasa pemrogaman PHP dengan database MySql.  Sistem Ecrm berbasis web ini dapat menghasilkan sarana untuk menampung testimoni dan keluhan, pelanggan sehingga perusahaan dapat meningkatkan loyalitas pelanggannya dan dapat memudahkan perusahaan dalam  mengidentifikasi data transaksi per pelanggan, serta dengan adanya fitur my coin untuk membedakan pelanggan biasa dengan pelanggan potensial yang sering melakukan transaksi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-02
How to Cite
[1]
I. Tiyani and H. Irawan, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) GUNA MENINGKATKAN PELAYANAN SERTA LOYALITAS PELANGGAN STUDI KASUS : PT DJAYA BERSAMA PUTRA PRIMA”, IDEALIS, vol. 2, no. 4, pp. 118-124, Jul. 2018.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)