PENERAPAN SISTEM INFORMASI AUDIT MUTU INTERNAL BERBASIS WEB GUNA MENINGKATKAN EFISIENSI KERJA STUDI KASUS: LEMBAGA PENJAMINAN MUTU UNIVERSITAS BUDI LUHUR

  • Dwi Rani Febriyanti Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Hendri Irawan Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Audit Mutu Internal, Sistem Informasi Audit Mutu Internal, Rancangan Sistem Informasi, Sistem Informasi Audit Perguruan Tinggi

Abstract

Audit mutu internal merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh perguruan tinggi, sebagai bentuk refleksi evaluasi diri, yang dilakukan oleh institusi tersebut. Universitas Budi Luhur sebagai institusi pendidikan telah melakukan peningkatan dalam penerapan ISO (The International Organization for Standardization), oleh United Registrar of Systems Limited (URS Certification), untuk audit mutu. Dalam menjalani audit internal, masih terdapat sejumlah permasalahan yang terjadi di Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Budi Luhur. Mulai dari masih ditemukan ketidaksesuaian dalam menentukan jenis temuan audit oleh auditor, hingga penyelesaian laporan audit mutu internal yang tidak dapat diselesaikan tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem informasi berorientasi obyek untuk audit mutu internal berbasis web menggunakan bahasa pemrograman PHP dan XAMPP yang digunakan sebagai aplikasi web server apache yang terintegrasi dengan MySQL sebagai databasenya, yang dapat mengatasi semua permasalahan yang ditemukan pada Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Budi Luhur. Hasil penelitian ini dapat membantu efisiensi dalam proses audit internal seperti daftar periksa, temuan audit, resume audit dan dapat membantu ketepatan waktu dalam penyelesaian laporan audit mutu internal pada Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Budi Luhur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Yakub.Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2012.

Rosa A.S., M. S. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan berorientasi Obyek. Bandung: Informatika. 2013.

Sugiarti, Y. Analisis & Perancangan UML (Unified Modeling Language) Generated VB.6. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2013.

V. Rindengan, A. Lumenta, Y. Rindengan, and I. Engineering, “Rancang Bangun Aplikasi Audit Mutu Akademik Internal Universitas Sam Ratulangi Berbasis Web,” no. 1, pp. 1–6, 2015.

A. Wibowo and A. Azimah, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjaminan Mutu,” pp. 6–7, 2016.

G. W. Wicaksono and A. Al-rizki, “Peningkatan Kualitas Evaluasi Mutu Akademik Universitas Muhammadiyah Malang melalui Sistem Informasi Mutu ( SIMUTU ),” vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2016.

Saeger, A. de, & Feys, B.TheIshikawa Diagram: Identify problems and take action (First Edit). 2015.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
D. Rani Febriyanti and H. Irawan, “PENERAPAN SISTEM INFORMASI AUDIT MUTU INTERNAL BERBASIS WEB GUNA MENINGKATKAN EFISIENSI KERJA STUDI KASUS: LEMBAGA PENJAMINAN MUTU UNIVERSITAS BUDI LUHUR”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 474-480, Jan. 2020.