PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI RAWAT JALAN DENGAN METODE BERORIENTASI OBYEK STUDI KASUS: KLINIK MULYA TANGERANG

  • Septian Adhy Kurnia Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Hendri Irawan Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: sistem informasi, sistem informasi administrasi rawat jalan, metodologi berorientasi obyek, pelayanan kesehatan

Abstract

Klinik merupakan fasilitas kesehatan yang memberikan pelayanan medik jangka pendek bagi pasiennya. Dalam era teknologi informasi sekarang ini, tentunya dibutuhkan layanan administrasi yang cepat dan efisien yang didukung dengan sistem terkomputerisasi termasuk pada klinik. Klinik Mulya merupakan organisasi yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan umum kepada masyarakat. Proses bisnis yang berjalan saat ini masih belum optimal dalam memberikan layanan kepada pasien dan pihak manajemen, seperti pengelolaan rekam medis pasien yang kurang baik, keberadaan data stok obat yang tidak cepat diketahui, hingga laporan pendapatan yang sering terlambat disajikan kepada pihak pimpinan, merupakan permasalahan yang sering muncul pada klinik ini. Berdasarkan fakta permasalahan tersebut, telah dilakukan penelitian untuk menganalisis sistem berjalan dan membangun sistem informasi dengan menggunakan metode berorientasi obyek menggunakan pemrograman desktop Visual Studio 2010 dan database MySQL, yang dapat memberikan solusi bagi Klinik Mulya untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi serta memperbaiki layanan pada proses bisnisnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 028/MENKES/PER/1/2011 Tentang Klinik 4 Januari 2011.
[2] Departemen Kesehatan, 2008. Pelayanan Rawat Jalan, Depkes RI, Jakarta.
[3] Ackof, Thabrany, Hasbullah. 2014. Bahan Ajar Sistem Informasi Manajemen. Jaminan kesehatan nasional. Depok: Raja Grafindo Persada.
[4] Agustiawan M, Wijaya A, “Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Pasien Rawat Jalan (Studi Kasus Klinik Islam Siti Khadijah Palembang)”, Seminar Nasional Informatika Medis III (SNIMed III), 2012, Hal. 36-40.
[5] Topan M, Wowor M.F, Xaverius B. N. Najoan, Perancangan Sistem Informasi Manajemen Klinik Berbasis Web Studi Kasus: Klinik TNI AU Lanud Sam Ratulangi, “E-journal Teknik Informatika ISSN : 2301-8364”, volume 6, No.
1, 2015
[6] levy, Michael & Weitz, Barton A.2012. Retailing Manajement. New York: Mcgraw-Hill/Irwin.
Published
2019-03-01
How to Cite
[1]
S. Kurnia and H. Irawan, “PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI RAWAT JALAN DENGAN METODE BERORIENTASI OBYEK STUDI KASUS: KLINIK MULYA TANGERANG”, IDEALIS, vol. 2, no. 2, pp. 113-118, Mar. 2019.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)