MERANCANG BANGUN WEB E-COMMERCE MENGGUNAKAN WORDPRESS STUDI KASUS TOKO ARLEUIS

  • Muhammad Nur Ibnu Wicaksono Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Hendri Irawan Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Penjualan Online, E-Commerce, Content Management System, CMS Wordpress, Penjualan Pakaian

Abstract

Toko Arleuis adalah sebuah unit usaha kecil menengah yang menjual berbagai macam pakaian berlokasi di Kembangan, Jakarta Barat. Saat ini, proses bisnis transaksi penjualannya dilakukan secara langsung, yakni pelanggan berkunjung ke toko serta dapat juga bertransaksi melalui media sosial. Seiring berkembangnya waktu pemilik toko ingin meningkatkan penjualannya tapi terbatas pada media yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan pakaian dan melayani para pembelinya. Media sosial yang saat ini dimanfaatkan untuk mempromosikan pakaian sekaligus melayani para pembeli yang memesan secara online, kurang efektif karena sering terjadinya penumpukan chat dari para pembeli yang hanya ingin bertanya mengenai produk ataupun para pembeli yang mengirimkan bukti pembayarannya kepada pemilik, sehingga pemilik toko sering kesulitan untuk memprioritaskan chat mana yang harus dibalas dan juga kesulitan dalam mencari bukti pembayaran dari para pembelinya. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut maka dibuatkan sistem E-commerce menggunakan Content Management System (CMS) Wordpress sebagai usaha memberikan pemecahan atas permasalahan yang ada, dan Business Model Canvas guna memvisualisasikan proses bisnis pada Toko Arleuis agar bisa menghasilkan kinerja yang lebih maksimal. Hasil penelitian ini yaitu merancang bangun website E-commerce yang memberikan kemudahan kepada  para pelanggannya pada saat bertransaksi, dan membantu pemilik dalam pemasaran dan meningkatkan penjualan serta luaran informasi yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Y. Aryasuta and B. Cahya Putra, “Penerapan Business Model Canvas Untuk Meningkatkan Penjualan Peralatan Beladiri Pada Toko Danis,” Jurnal IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 49–55, 2020.

D. Ananda and I. Novita, “Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Untuk Mengoptimalkan Penjualan Batik Pada Toko Al-Barokah Batik,” Jurnal IDEALIS, vol. 3, no. 2, pp. 28-32. 2020.

D. Renca and H. Hasugian, “Pembuatan Website Berbasis E-Commerce Menggunakan Business Model Canvas Pada Toko Brassica Florist,” Jurnal IDEALIS, vol. 2, no. 6, pp. 258–264, 2019.

R. Ramadhan and I. Novita, “Perancangan E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Space Vapor Store,” Jurnal IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 152–156, 2020.

M. R. Haiqal and Y. Yuliazmi, “Perancangan E-Commerce Pada Jeys Corner Untuk Meningkatkan Penjualan Menggunakan Metode Business Model Canvas,” Jurnal IDEALIS, vol. 3, no. 2, pp. 9–14, 2020.

A. Fadillah and L. Fajarita, “Perancangan dan pembangunan aplikasi e-commerce berbasis web untuk meningkatkan penjualan pada toko jaket kulit naufal,” Jurnal IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 85–91, 2020.

M. Tabrani and I. Aghniya, “Implementasi Metode Waterfall Pada Program Simpan Pinjam Koperasi Subur Jaya Mandiri Subang,” Jurnal Interkom, vol. 14, no. 1, pp. 44–53, 2019.

E. Revsie Akbar and H. Irawan, “Analisis dan Implementasi E-Commerce Menggunakan CMS Wordpress Pada Queenita Classic,” Jurnal IDEALIS, vol. 4, no. 1, pp. 107–116, 2021.

A. Sofyan, E. Ferdianto, R. Rahmawati, and R. K. Aldi, “Pengaruh Search Engine Optimization (SEO) Dan Riset Kata Kunci Terhadap Pendapatan Toko Online,” Indonusa Conf. Technol. Soc. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 351–356, 2019.

E. Wawolumaya, D. Tampi, and J. Rogahang, “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Pada Rose Collection Manado,”Ejournal UNNSRAT, vol. 1, no. 2, pp. 134–141, 2020.

Published
2022-01-18
How to Cite
[1]
M. Wicaksono and H. Irawan, “MERANCANG BANGUN WEB E-COMMERCE MENGGUNAKAN WORDPRESS STUDI KASUS TOKO ARLEUIS”, IDEALIS, vol. 5, no. 1, pp. 9-18, Jan. 2022.