MANAJEMEN PENGELOLAAN PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MTS MIFTAHUL HUDA

  • Inas Kamilah Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Grace Gata Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Abstract

Madrasah tsanawiyah Miftahul huda adalah sebuah instansi yang bergerak dalam bidang pelayanan pendidikan. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan proses wawancara dengan pihak sekolah tentang bagaimana proses penilaian pada Mts Miftahul Huda. Permasalahan dalam penelitian ini adalah yaitu sulitnya kepala sekolah untuk menentukan siswa yang berprestasi, dalam penyimpanan dokumen-dokumen masih kurang baik. Hal itu dikarenakan terjadinya penumpukan data di dalam lemari, sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam melakukan pencarian dokumen-dokumen, perhitungan absensi yang masih tertulis dan tidak rapi dalam mencatat absen sehingga mengalami kesalahan dalam mencatat maupun perhitungan daftar hadir sehingga membutuhkan waktu yang lama dan tidak adanya laporan rekapitulasi absensi menyebabkan kepala sekolah sulit untuk mencari data siswa yang bermasalah pada kehadiran. Untuk itu diperlukan sistem yang terkomputerisasi agar dapat menyelesaikan masalah tersebut. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode wawancara, pengamatan dan studi pustaka. Dalam melakukan analisa masalah menggunakan fishbone dalam pemetaan masalah sehingga dapat ditentukan masalah utamanya. Sistem penelitian menggunakan metode berorientasi Obyek, menggunakan bahasa pemograman VB.net. Dapat memberikan manfaat dalam memproses penilaian ataupun pembuatan laporan yang berkaitan dengan proses penilaian sehingga mencapai target tujuan sekolah yaitu dalam kegiatan proses penilaian agar berjalan lebih efesien, tepat waktu dan penyajian informasi lebih akurat pada Mts Miftahul Huda.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-03
How to Cite
[1]
I. Kamilah and G. Gata, “MANAJEMEN PENGELOLAAN PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MTS MIFTAHUL HUDA”, IDEALIS, vol. 1, no. 3, pp. 267-272, Jul. 2018.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>