E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN BIJI KOPI PADA ANDALAN COFFEE

  • Gabriel Mohara Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Grace Gata Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: E-Commerce, Andalan Coffee, Biji Kopi, Penjualan Biji Kopi

Abstract

Andalan Coffee merupakan sebuah unit dagang yang bergerak di bidang penjualan kopi di perkantoran kota Jakarta. Permasalahan Andalan Cofffee adalah informasi biji kopi sulit diketahui oleh customer, stok barang dan pencatatan alamat pengiriman masih konvensional, belum ada pencatatan penjualan biji kopi dan pemesanan produk. Peneliti melakukan pendekatan masalah dengan metode wawancara, observasi, analisa dokumentasi dan studi kepustakaan sehingga mengetahui data dan menganalisa proses bisnis yang ada menggunakan UML (Unified Modeling Languange) seperti Activity Diagram, Use Case Diagram, Class Diagram dan System Sequence Diagram. Manfaat dari penelitian yaitu membantu dalam pemasaran biji kopi dan pengelolaan barang lebih terstruktur. Dengan E-Commerce yang telah dibuat oleh peneliti pada Andalan Coffee, maka dapat membantu memperluas informasi produk, adanya fitur packing slip dapat mengurangi kesalahan alamat pengiriman, laporan stock dapat mencegah data hilang, laporan orders membantu admin mengetahui pesanan, dan laporan sales sebagai evaluasi untuk pemilik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Maulana, Shabur Miftah., Susilo, Heru., & Riyad. Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Sudi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang), Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), pp.1-9. 2015.

Bekti, Bintu Humairah. Mahir Membuat Website dengan Adobe Dreamweaver CS6, CSS dan JQuery, Yogyakarta: ANDI. 2015.

Anggoro, Dimas., Praptono , Budi., & Aurachman, Rio. Pengembangan Model Bisnis Sandiwara Store Dengan Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas. E-Proceeding of Engineering, 3(2), pp. 3058-3065. 2016.

Suryanto, Steven P., Pattiasina, Timothy J., & Soetarmono, Anggya. Perancangan dan Pengembangan Toko Online dengan Metode Interaction Flow Modeling Language (Studi Kasus Toko Winata). Teknika, 6(1), pp 9-18. 2017.

Satzinger, John.W., Jackson, Robert. B., & Burd, Stephen. D, Introduction To Systems Analysis And Design: An Agile, Iterative Approach, 6th ed. USA: Course Technology. 2012.

Oley, Enrico., Sentinuwo, Eng Steven R.,& Sinsuw, Alicia A.E. Sistem Pemesanan Makanan Dan Minuman Berbasis Website (Studi Kasus Taipan Restoran). E-Journal Teknik Elektro dan Komputer, 5(4), pp. 89-101. 2016.

Filbert, Marcel., Wulandari, Astri. Analisa Penerapan E-Commerce Pada UKM Keykey Frozen Food Cimahi Tahun 2018. E-Proceeding of Applied Science, 4(3), pp. 765-779. 2017.

Maulana, Shabur Miftah., Susilo, Heru., & Riyadi. Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Sudi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), pp 1-9. 2015.

Dedi., Mustofa, Siti Maisaroh.,& Suhartono. Impementasi E-Commerce Toko Prayoga Sport Berbasis Content Management System (CMS) Joomla Modules VirtueMart. Jurnal Sisfotek Global, 7(2) , pp. 75-80. 2017.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
G. Mohara and G. Gata, “E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN BIJI KOPI PADA ANDALAN COFFEE”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 34-41, Jan. 2020.

Most read articles by the same author(s)