PENILAIAN KINERJA GURU TERBAIK PADA SMK PUTRA SATRIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

  • Alita Vera Oktavia Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Grace Gata Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Penunjang Keputusan, SMK Putra Satria, Simple Additive Weighting (SAW), SPK Penilaian Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengambilan keputusan penilaian kinerja guru pada SMK Putra Satria yang bertujuan untuk mempermudahkan dalam proses menghasilkan keputusan dalam penilaian kinerja guru sesuai dengan kriteria pada SMK Putra Satria. Masalah yang terjadi kepala sekolah mengalami kesulitan dalam melakukan rekap hasil evaluasi kinerja guru, sehingga proses pengolahan datanya lama dan sering terjadi kesalahan. Beberapa masalah dalam menentukan penilaian guru terbaik adalah penilaian masih manual dan kurang tepat. Hal ini membuat kepala sekolah sebagai pengambil keputusan sulit menentukan guru yang mempunyai nilai terbaik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah sistem penunjam keputusan, dengan adanya sistem tersebut diharapkan kepala sekolah sebagai penilai pada SMK Putra Satria dapat terbantu dalam penilaian kinerja guru terbaik. Metode Simple Additive Weighting (SAW) digunkan untuk menentukan penilaian kinerja guru terbaik dengan menghasilkan perankingan alternatif dengan metode SAW. Berdasarkan uraian masalah diatas maka dari itu diperlukan membuat sistem penunjang keputusan agar dapat mempermudah SMK Putra Satria dalam menghasilkan perankingan untuk menentukan guru dengan kinerja terbaiknya setiap tahun dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW), sehingga kepala sekolah dimudahkan untuk menentukan pilihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Irawan, D. and Mafrudhoh, N. ‘Analisis Sistem Pendukung Keputusan untuk Pemberian Keputusan Pembebasan Biaya Bagi Siswa yang Kurang Mampu Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Study Kasus MI Hidayatuul Mubtadiin Srikaton Adiluwih)’, Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 7, 2016 , pp. 27–37.

Muslihudin, M. et al. ‘Guru Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting ( Saw ) Pada Smk’, 2(2302–3805), 2017, pp. 318–326.

Utara-indonesia, S. ‘2 , 3 , 4’, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Terbaik Pada SMK Maria Goretti Pematangsiantar Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW), 1(2527–5771), 2016, p. 63.

Masalah, L. B. ‘Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Metode SAW ( Simple Additive Weighting ) Pada SMA N 01 Sidorejo Yuna Ningsih Jurusan Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung Jl . Wisma Rini No . 09 pringsewu Lampung’. (no date)

Kurniawan, A. ‘Analisis Dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru (PKG) Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Pada SD Negeri 1 Wonoroto’, 2016, pp. 6–7.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
A. Oktavia and G. Gata, “PENILAIAN KINERJA GURU TERBAIK PADA SMK PUTRA SATRIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 314-321, Jan. 2020.

Most read articles by the same author(s)