IMPLEMENTASI SISTEM E-COMMERCE PADA GUNA MOTOR BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) WORDPRESS
Abstract
Guna Motor adalah badan usaha perorangan yang bergerak dibidang jasa penjualan sparepart & aksesoris mobil didirikan pada tahun 2006. Dimana sistem yang saat ini berjalan pada Guna Motor dalam mengembangkan usahanya memiliki berbagai kendala pada saat proses pengolahan data dalam melakukan transaksi dan melayani customer yang masih belum efektif seperti yang sering terjadi customer sulit mengetahui ketersediaan stok produk, tempat penyimpanan dokumen kurang baik dan tidak ada nya pemasaran produk secara luas. Untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di Guna Motor, maka penulis melakukan penelitian guna membantu pihak manajemen untuk menyelesaikan masalah yang terjadi dengan merancang sistem e-commerce, dalam pembuatan penelitian ini, penulis mengimplementasikan menggunakan Content management system (CMS) dengan metode pengembangan sistem waterfall dan aplikasi Search Engine Optimization (SEO) yoast seo. Hasil akhir dalam pembuatan penelitian ini berupa aplikasi website e-commerce yang bermanfaat bagi Guna motor dan customer, mampu bertahan dan bersaing dengan penyedia jasa yang serupa serta membantu mengatasi masalah – masalah yang sering terjadi.
Downloads
References
Rerung, Rintho Rante., 2018, E-Commerce Menciptakan Daya Saling Melalui Teknologi Informasi, Yogyakarta, CV Budi Utama, pp 20- 23.
Rohi, Abdulloh., 2016, Trik Mudah Membuat CMS Website dari Nol, Jakarta, Elex Media Komputindo.
Hamdani, Agus Umar dan Mubarak, Rakha Luri., 2019, Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu dan Call For Papers UNIBANK (SEND_U) Ke-5 Tahun 2019, ISBN: 978-979-3649-99-3, Universitas STIKUBANK: Semarang
Yasn, Verdi., 2012, Rekayasa Perangkat Beriorientasi Objek, Jakarta, Mitra Wacana Media.
Suryanto, S., Pattiasina, J. dan Soetarmono, A., 2017, Perancangan dan Pengembangan Toko Online dengan Metode Interaction Flow Modeling Language (Studi Kasus Toko Winata, Jurnal TEKNIKA, 6(1), pp 7-18.