PENERAPAN MODEL E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK KERAJINAN TANGAN

  • Turbudi Turbudi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Agus Umar Hamdani Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: E-Commerce, Kerajinan Tangan, Wordpress, SEO

Abstract

Toko XYZ merupakan industri rumah tangga yang menjual produk-produk kerajinan tangan (craft) di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Saat ini, proses pengolahan data penjualan produk-produk kerajinan rumah tangga masih dilakukan secara manual, yaitu ditulis tangan ke dalam pembukuan. Proses pemesanan dilakukan menggunakan aplikasi Whatsaap atau harus datang langsung ke toko sehingga menyulitkan pelanggan yang berada di luar daerah. Selain itu, promosi produk juga dirasakan belum efektif, karena hanya dilakukan melalui Istagram dan Facebook. Selain itu, kondisi pandemic Covid-19 yang membatasi pergerakan warga menjadi salah satu penyebab menurunnya penjualan produk. Adapun masalah yang terjadi di Toko XYZ, antara lain : promosi produk yang tidak efektif, proses pemesanan membutuhkan waktu yang lama, pemilik mengalami kesulitan untuk melihat informasi status pembayaran, status pengiriman dan status penerimaan produk dari customer, dikarenakan harus melihat tracking info dan pemilik mengalami kesulitan untuk melihat informasi produk terlaris. Melihat kondisi diatas, maka penulis melakukan penelitian untuk menganalisa masalah dan membuat aplikasi penjualan secara elekronik (E-Commerce) guna membantu pemilik toko dalam mengatasi permasalahan diatas. Penulis menggunakan CMS Wordpress untuk implementasi sistem E-Commerce dengan penambahan fitur pemasaran dan optimasi Search Engine Optimization (SEO). Hasil akhir dari penelitian ini adalah prototipe E-commerce yang dibangun dapat menunjang aktivitas penjualan dan pemasaran produk kerajinan tangan pada Toko XYZ.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. G. Khan, “Electronic Commerce: A Study on Benefits and Challenges in an Emerging Economy,” Glob. J. Manag. Bus. Res. Econ. Commer., vol. 16(1), 2016.

D. A. Rizaldi, Taufiq., Arief P, Hermawan dan Tyagita, “Penerapan E-Commerce Berbasis SWO dan CMS Sebagai Solusi Pemasaran dan Manajemen Pada Industri Kreatif Bidang Robotika,” in Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Pranata Laboratorium Pendidikan Politeknik Negeri Jember Tahun 2019, 2019.

A. dan P. Sutanto, Felix Andreas., Supriyanto, “Penerapan E-Commerce Berbasis CMS dan SEO Untuk Toko Online UMKM,” J. ABDIMAS, vol. 19(2), 2015.

A. U. Riandika, Dedi dan Hamdani, “Implementasi E-Commerce Dengan Teknik SEO dan Strategi Marketing 4P Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Aksesoris Motor Pada XYZ Motoshop,” J. Media Inform. Budidarma., vol. 4(3), 2020.

M. Pratomo, Adi., Najwaini, Effan., Irawan, Agus dan Risa, “Optimasi E-Commerce Dengan Penerapan Teknik SEO (Search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Penjualan Pada UMKM Nida Sasirangan,” J. IMPACT (Implementation Action), vol. 1(1), 2018.

A. Himawan, Arisantoso, dan Saefullah, “Search Engine Optimization (SEO) Menggunakan Metode White Hat SEO Untuk Meningkatkan Peringkat dan Trafik Kunjungan Website,” in Prosiding SNATIF-4 tahun 2017, 2017.

S. Anggara, NoMetode Penelitian Administrasi. Bandung: CV Pustaka Setia, 2015.

Sarwandi, Toko Online Modern Dengan Opencart. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2016.

R. Abdulloh, Trik Mudah Membuat CMS Website dari Nol. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2016.

R. Indiany, N dan Indriyani, “Analisis Pengembangan Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas Pada UD. Mogajaya Surabaya,” vol. 5(2), 2017.

D. A. Pramujaya, A.Vandy dan Kurniawai, “Analisis Penyebab Kegagalan Packer Machine Pada Bag Transfer System Dengan Menggunakan Metode Fault Tree Analysis (FTA), Failure Mode And Effect Analysis (FMEA), dan Fishbone Analysis,” 2019.

S. Mulyani, Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika, 2016.

J. Nofriyadi, “Sequence Diagram Sebagi Perkakas Perancangan Antarmuka Pemakai,” 2014.

J. Venkat, N., Gudivada, Rao, D. dan Pari, “No Title,” the IEEE Computer Society, 2015.

S. Assauri, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press, 2013.

Published
2022-01-18
How to Cite
[1]
T. Turbudi and A. Hamdani, “PENERAPAN MODEL E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK KERAJINAN TANGAN”, IDEALIS, vol. 5, no. 1, pp. 19-29, Jan. 2022.

Most read articles by the same author(s)