SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN GURU TERBAIK PADA SMA MUHAMMADIYAH 15 JAKARTA MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

  • Sugeng Riadi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Humisar Hasugian Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Penunjang Keputusan, SMA Muhammadiyah 15 Jakarta, Simple Additive Weighting (SAW), Analytical Hierarchy Process (AHP), SPK Pemilihan Guru Terbaik

Abstract

Guru merupakan salah satu komponen yang penting dalam dunia pendidikan. guru yang berkompeten dan mempunyai kemampuan yang baik dalam pembelajaran di sekolah memungkinkan peserta didik memperoleh ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas dalam hal-hal yang dipelajari disekolah. SMA Muhammdiyah adalah lembaga dibidang pendidikan. Permasalahan yang di hadapi sistem yang berjalan pada SMA Muhammdiyah 15 Jakarta saat ini adalah masih belum menggunakan metode dalam pemilihan guru terbaik, belum ada perangkingan dalam pemilihan guru terbaik. Untuk mengatasi permasalahan yang ada, maka penulis menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk penentuan bobot kriteria yaitu dengan membandingkan kriteria dibandingkan dengan kriteria lainya hingga kriteria mempunyai bobot dan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) sebagai metode untuk perangkingan pemilihan guru terbaik. Dalam hal ini, dilakukan dengan menjumlahkan bobot  dari setiap guru untuk semua atribut penilaian. Aplikasi penunjang keputusan yang dibangun Pada SMA Muhammadiyah 15 Jakarta menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Studio 2008 sebagai tools serta menggunakan  database MySQL.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sutabri, Tata. Konsep Dasar Informasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2012.

Turban, Efraim, Sharda, Ramesh, Delen, Dursun. Decision Support and Business Intelligence System, 9th ed, New Jersey : Prentice-Hall Inc, 2010.

(2005) Peraturan go.id website. [Online]. Available: http://www.peraturan.go.id/

Hutasoit, dkk. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Terbaik Pada SMK Maria Goretti Pematangsiantar Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Sistem Informasi & Teknologi Informatika.2016.

Hasugian, Humisar dan Putra, Esa.“ Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Pegawai Terbaik Dengan Metode AHP dan SAW Pada PT Sukma Jaya Mandiri”. Jurnal TELEMATIKA MKOM, vol.9 No.3.2017.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
S. Riadi and H. Hasugian, “SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN GURU TERBAIK PADA SMA MUHAMMADIYAH 15 JAKARTA MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 63-69, Jan. 2020.

Most read articles by the same author(s)