PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING UNTUK PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK SETIAP JABATAN PADA PT. WAHANA PIRANTI TEKNOLOGI

  • Fitra Rahmatullah Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Humisar Hasugian Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Penunjang Keputusan, PT. Wahana Piranti Teknologi, Analytical Hierarchy Process (AHP), Simple Additive Weighting (SAW), SPK Pemilihan Karyawan Terbaik

Abstract

Karyawan adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimanfaatkan dalam mencapai target yang ditetapkan. PT. Wahana Piranti Teknologi merupakan perusahaan yang bergerak dibidang distributor IT, yang sedang berupaya membidik dan menangkap Pasar Indonesia. Adanya kinerja karyawan yang tidak stabil, sangat mempengaruhi hasil yang ingin dicapai PT. Wahana Piranti Teknologi. Salah satu solusi dalam meningkatkan kinerja karyawan yaitu mengadakan sistem pemilihan karyawan terbaik, yang dapat memberi motivasi dan dorongan dalam meningkatkan kinerja karyawan. Masalah yang terdapat dalam mengadakan sistem pemilihan karyawan terbaik pada PT. Wahana Piranti Teknologi adalah belum adanya kriteria, bobot keriteria beserta metode dalam pemilihan karyawan terbaik, sehingga sulit untuk menentukan karyawan terbaik yang tepat dan akurat. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem penunjang keputusan pemilihan karyawan terbaik setiap jabatan dengan menerapkan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Simple Additive Weighting (SAW). Penghitungan bobot kriteria pada jabatan technical yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah Kriteria Lama Bekerja 4,1%, Kriteria Presentasi 5,58%, Kriteria Project 58,76%, Kriteria Sertifikasi 21,03%, dan Kriteria Training 10,53%, dengan hasil uji Consistency Ratio (CR) sebesar 0,0745. Sistem penunjang keputusan ini dapat memberikan informasi dengan lebih jelas dan cepat sehingga dapat memudahkan proses pemilihan karyawan terbaik pada PT. Wahana Piranti Teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wulandari, N. E, “Sistem Pendukung Keputusan Penentu Karyawan (Agen) Terbaik Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) (Study Kasus : Kantor Cabang AJB Bumiputera 1912 Lubuk Pakam,” Pelita Informatika Budi Darma, vol. IX(3), 2015, pp.180-181.

Anto, A. G., Mustafidah, H., & Suyadi, A, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting) di Universitas Muhammadiyah Purwokerto,” JUITA, vol. III(4), 2015, P.194.

Sari. F, Metode dalam Pengambilan Keputusan, Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Nofriansyah, D. & Defit, S, Multi Criteria Decision Making (MCDM) Pada Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta : Deepublish, 2017.

Hasugian, H. & Putra, E. “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Pegawai Terbaik Dengan Metode AHP Dan SAW Pada PT. Sukma Jaya Mandiri,” Jurnal TELEMATIKA MKOM, vol. 9(3), 2017, p.103.

Marpaung, N, Penerapan Metode Simple Additive Weighting Pada Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kenaikan Gaji Karyawan, JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), vol. IV(2), 2018, p.171.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
F. Rahmatullah and H. Hasugian, “PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING UNTUK PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK SETIAP JABATAN PADA PT. WAHANA PIRANTI TEKNOLOGI”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 273-280, Jan. 2020.

Most read articles by the same author(s)