SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENENTUAN KARYAWAN TERBAIK PADA PT. ENERGI SINAR SENTOSA DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING

  • Adi Widiyanto Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Humisar Hasugian Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: SPK, Simple Additive Weighting (SAW), Decision Support System (DSS), PT. Energi Sinar Sentosa, SPK Karyawan Terbaik, Analytical Hierarchy Process (AHP), Sistem Penunjang Keputusan

Abstract

Karyawan merupakan tenaga kerja yang memiliki tugas untuk menjalankan sebuah aktivitas yang telah diatur sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Pengelolaan Sumber Daya Manusia dari suatu perusahaan sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan dari suatu perusahaan. PT. Energi Sinar Sentosa adalah perusahaan yang bergerak di bidang supplier pelumas kendaraan. Untuk meningkatkan kinerja para karyawan, perusahaan akan memberikan subuah reward kepada karyawan sebagai apresiasi atas kinerjanya yang maksimal. Namun pada perusahaan ini belum memiliki suatu metode yang digunakan untuk menentukan karyawan terbaik dan masih menggunakan cara manual dengan menentukan satu kriteria untuk menjadi acuan penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu Decision Support System (DSS) dengan metode analytical hierarchy process (AHP) dan Simple Additive Weighting (SAW) berbasis web yang dirancang menggunakan Hypertext Preprocessing (PHP), dan database MySQl untuk mempermudah dalam pemilihan karyawan terbaik. Metode analytical hierarchy process (AHP) digunakan untuk penentuan bobot dari kriteria-kriteria yang sudah ditentukan oleh perusahaan dan Simple Additive Weighting (SAW) untuk perangkingan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasugian, H., Sabila, Z.N., Penerapan Metode AHP dan SAW Dalam Pengambilan Keputusan Pemilihan Supplier Bahan Jaket Pada CV. Widia Pratama Kreasi. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Universitas Ibn Khaldun Bogor 2018, pp322-328.

Astuti, Y., Fuad, I.Z., Penentuan Karyawan Terbaik Menggunakan Simple Additive Weighting pada PT. Patra Nur Alaska. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017, pp36-41.

Rikki, A., Marbun, M., Siregar, J.R., Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Dengan Metode SAW pada PT. Karya Sahata Medan. Journal of Informatics Pelita Nusantara 2016, pp38-46.

Marimin, Maghfiroh, N., Aplikasi Teknik Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Rantai Pasok, UPB 2010.

Junianto, E., Primaesha Y., Perancangan Sistem Tracking Invoice Laboratorium PT. Sucufindo. Informatika Vol 2, 2015, No 2.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
A. Widiyanto and H. Hasugian, “SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENENTUAN KARYAWAN TERBAIK PADA PT. ENERGI SINAR SENTOSA DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 267-272, Jan. 2020.

Most read articles by the same author(s)