ANALISIS DAN PERANCANGAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM WORDPRESS PADA KAYRA NU HIJAB

  • Humisar Hasugian Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Firmanto Firmanto Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: E-commerce, Content Management System, Kayra Nu Hijab, bisnis model canvas, Toko Online

Abstract

Wabah Covid-19 mengharuskan setiap orang dan badan usaha untuk merubah gaya hidup agar tetap bertahan, dampak yang paling terlihat adalah hampir semua kegiatan usaha dilakukan secara online, badan usaha yang tetap bertahan dengan gaya lama akan ketinggalan dan bahkan gulung tikar. Penjualan produk pada Kayra Nu Hijab juga mengalami dampak dimana semakin hari penjualan semakin menurun,  hal ini disebabkan karena pelanggan kesulitan untuk mendapatkan informasi produk dan ketersediaan stok, dan kesulitan melakukan pesanan. Untuk mengatasi masalah tersebut dirancanglah sebuah website e-commerce  memanfaatkan Content Management System WordPress dengan tambahan plugin woocommerce dan analisa bisnis menggunakan bisnis model canvas. Adapun hasil penelitian ini berupa website yang dapat diakses secara online sehingga memudahkan pelanggan pada saat melihat informasi produk, ketersediaan stok, dan dapat melakukan pesanan secara langsung tanpa datang langsung ke toko, dengan adanya hasil luaran penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan toko dan memperluas jangkauan pasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Y. Sudaryo and A. S. Nunung, Digital Marketing Dan Fintech Di Indonesia. Yogyakarta: Andi, 2020.

R. Abdulloh, Trik Mudah Membuat CMS Website dari Nol. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2016.

S. Rahman, Mahir Wordpress 4 Plus. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2015.

N. A. Yati, E. Fernando, A. Rahim, T. Informatika, and S. D. Bangsa, “Perancangan Aplikasi E-Commerce pada Toko I ’ M Collection WTC Jambi,” J. Ilm. Process., vol. 12, no. 2, pp. 1021–1035, 2017.

Syahriani, “Penerapan Sistem Informasi E-Commerce Pakaian dan Perlengkapan Bayi,” J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. III, no. 2, pp. 77–82, 2017.

D. L. Fithri, A. P. Utomo, and F. Nugraha, “Pemanfaatan E-Commerce Populer Populer Untuk Optimalisasi Pemasaran Produk Pada Kube Bordir Kurnia Desa Demangan Kudus,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, pp. 819–824, 2017.

F. M. Royan, Bisnis Model Kanvas Distributor: Memetakan Kinerja Optimal Distributor dan 30 Kesalahan yang Dilakukan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2014.

S. Mulyani, Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika, 2016.

R. A. A. Riko Herwanto, Onno W. Purbo, Cloud Computing Manajemen dan Perencanaan Kapasitas. Yogyakarta: Andi, 2020.

F. Husnan and J. Creativity, Membangun Website Interaktif dengan Blogger. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017.

P. Widodo, Pudjo and Herawati, Menggunakan UML (Unified modeling Language). Bandung: Penerbit Informatika, 2011.

Published
2022-01-18
How to Cite
[1]
H. Hasugian and F. Firmanto, “ANALISIS DAN PERANCANGAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM WORDPRESS PADA KAYRA NU HIJAB”, IDEALIS, vol. 5, no. 1, pp. 40-48, Jan. 2022.

Most read articles by the same author(s)