ANALISIS DAN IMPLEMENTASI E-COMMERCE DENGAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS (STUDI KASUS: TOKO JADE BAG)

  • Aldy Gustavian Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Samsinar Samsinar Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: E-Commerce, Business Model Canvas, Jade Bag

Abstract

Jade Bag merupakan sebuah usaha yang menjual tas wanita sejak tahun 2013. Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan, diketahui masalah yang terjadi pada toko Jade Bag bahwa proses bisnis yang berjalan saat ini masih kurang efektif karena proses pemesanan barang hanya dilakukan melalui whatsapp serta cara promosi yang dilakukan toko Jade Bag hanya melalui instagram. Tujuan membangun sistem E-Commerce ini adalah konsumen dapat melakukan pemesanan produk tanpa harus menghubungi pemilik melalui whatsapp sehingga memberikan kemudahan kepada konsumen dalam melakukan pemesanan. Dalam melakukan pemecahan masalah tersebut peneliti menggunakan metode Business Model Canvas. Dengan dibuatnya website penjualan berbasis E-Commerce pada toko Jade Bag maka dapat dijadikan sebagai media promosi, mempermudah proses penjualan, serta dapat mempermudah dalam pengolahan data pemesanan dan pencetakan laporan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Alvin, H. Bagus, and M. Janson, Aplikasi E-Commerce Dengan Fitur Top Product Menggunakan Metode Perceptron ( Studi Kasus Toko Kamera ), "Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi", 2018, pp. 210–213.

A. Ita, S. Ety, and N. Andi, Penerapan Business Model Canvas ( BMC ) Untuk Mendorong Mindset Kewirausahaan di Kalangan Mahasiswa, "Jurnal Ketahanan Pangan", 2015, pp. 66–75.

B. A. Habsy, Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur, "JURKAM Jurnal Konseling Andi Matappa", vol. 1, 2017, pp. 90–100.

S. Handayani, Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta, "ILKOM Jurnal Ilmiah", vol. 10, 2018, pp. 182–189.

D. Anggoro and R. A. Budi Praptono, Pengembangan Model Bisnis Sandiwara Store Dengan Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas, "Jurnal e-Proceeding Of Engineering", vol. 3, no. 2, 2016, pp. 3058–3065.

N. A. Sholihah, Analisis Perancangan Model Bisnis dengan Pendekatan Business Model Canvas ( Studi Pada Usaha Kecil Menengah UD. Duta Merpati ), "Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)", vol. 61, no. 4, 2018, pp. 183–191.

H. F. S. Gellysa Urva, Pemodelan UML E- Marketing Minyak Goreng, "Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi", vol.1, no. 2, 2015, pp. 92–101.

D. F. Ariefni and M. B. Legowo, Penerapan Konsep Monitoring Dan Evaluasi Dalam Sistem Informasi Kegiatan Mahasiswa Di Perbanas Institute Jakarta, "Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi", vol. 4, 2018, pp. 422–432.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
A. Gustavian and S. Samsinar, “ANALISIS DAN IMPLEMENTASI E-COMMERCE DENGAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS (STUDI KASUS: TOKO JADE BAG)”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 260-266, Jan. 2020.

Most read articles by the same author(s)